Share

Swiss Berhasil Bikin Baterai Berkapasitas 20 Juta kWh

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 56 2626259 swiss-berhasil-bikin-baterai-berkapasitas-20-juta-kwh-wJ03Asr9ak.jpg Swiss berhasil bikin baterai berkapasitas 20 juta kWh (Foto: Enews.com.ng)

JAKARTA - Swiss dilaporkan berhasil bikin "baterai air" dengan kapasitas 20 juta kWh. Tentu bukan baterai portable yang bisa dibawa kemana-mana, melainkan untuk pembakit listrik yang berlokasi di antara bendungan Emosson dan Vieux Emosson di Valais.

Dilansir dari TechSpot, Sabtu (9/7/2022), pembangkit listrik ini diketahui telah lama dirancang oleh Swiss, yakni sejak 14 tahun lalu. Dan tak tanggung-tanggung, nilai pembangunannya mencapai sekitar Rp30,3 triliun.

Proyek baterai air Swiss ini, memakan waktu lama dalam pengerjaannya karena para pekerja harus membuat terowongan terlebih dahulu.

Terowongannya sendiri, sangatlah panjang bahkan membentang lebih dari 17,7 kilometer dari Pegunungan Alpen Swiss.

Belum lagi baterai hidro ini terdiri dari dua badan besar pada ketinggian yang berbeda dan pengerjaannya tidaklah mudah. Dalam hal ini dua badan air tersebut terletak hampir 609 meter di bawah tanah antara dua bendungan.

Untuk diketahui, kelebihan energi dari pembangkit listrik terbaru Swiss dapat digunakan untuk memompa air dari cekungan yang lebih rendah ke kolam yang lebih tinggi.

Ketika permintaan daya meningkat, air di kolam yang lebih tinggi dibiarkan mengalir kembali ke reservoir yang lebih rendah.

Saat air mengalir, ia akan memutar turbin yang menghasilkan tenaga hidroelektrik. Pembangkit listrik yang dirancang oleh Nant de Drance ini memiliki enam turbin pompa yang dapat menghasilkan daya 900 MW untuk menopang kehidupan di Swiss.

Ini bukanlah satu-satunya ide energi terbarukan yang cukup gila yang dicetuskan akhir-akhir ini. Bulan lalu, Para peneliti dari Institut Internasional untuk Analisis Sistem Terapan (IIASA) juga berbagi ide terkait hal serupa.

Mereka mencetuskan ide untuk menggunakan sistem berbasis gravitasi lift di gedung-gedung tinggi untuk menghasilkan dan menyimpan listrik. Beberapa hari lalu juga sebuah perusahaan di Finlandia telah menciptakan baterai yang menggunakan pasir.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini