Share

Ilmuwan Temukan Dinosaurus Pemakan Daging Mirip T-Rex

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 56 2626631 ilmuwan-temukan-dinosaurus-pemakan-daging-mirip-t-rex-fDwnG0HlUJ.jpg Ilmuwan temukan dinosaurus pemakan daging mirip T-Rex (Foto: Carlos Papolio)

JAKARTA - Fosil dinosaurus pemakan daging yang memiliki tengkorak dan lengan kecil seperti T-Rex berhasil ditemukan di Patagonia utara, Argentina. Ia diberi nama sebagai Meraxes gigas.

Terungkap bahwa Meraxes termasuk dalam kelompok theropoda pemakan daging bipedal yang dikenal sebagai Carcharodontosauridae, yang mencakup raksasa dinosaurus lain seperti Giganotosaurus, Mapusaurus dan Carcharodontosaurus.

Diperkirakan Meraxes ini hidup selama periode Kapur (sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu), tetapi punah sebelum peristiwa kepunahan yang membunuh semua dinosaurus non-unggas dan menandai akhir Kapur.

Dilansir dari Live Science, Sabtu (9/7/2022), fosil Meraxes gigas ditemukan dalam kondisi yang sangat baik mencakup tengkorak, kaki depan, tukang paha, dan panggul. Diperkirakan umur fosil ini berusia antara 90 juta dan 100 juta tahun.

Juan Canale, seorang peneliti di Museum Paleontologi Ernesto Bachmann di Neuquén, Argentina mengatakan Meraxes gigas ditemukan bersamaan dengan fosil empat dinosaurus sauropoda lainnya yang terkubur di lapisan batu yang sama.

Canale dan rekan-rekannya menggali beberapa ton batu pasir untuk mencapai fosil. Dan setelah ditemukan, mereka menduga bahwa ketika dinosaurus mati, sisa-sisanya dengan cepat tertutup oleh sedimen yang dibawa oleh air yang mengalir, yang melindungi tubuh dari pembusukan.

Meraxes gigas ketika hidup diperkirakan memikiki bobot lebih dari 4,4 ton. Meskipun Meraxes dan T-Tex keduanya memiliki kemiripan, keduanya bukan kerabat dekat. Mereka hanya telah berhasil bevolusi sebagai predator.

Untuk diketahui, lengan yang kecil memang identik dengan dinosaurus predator seperti T-Rex. Selain itu juga dinosaurus predator memiliki ciri-ciri kepala yang besar dengan rahang kuat menjadi alat berburu yang lebih efektif.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini