Share

Tahukah Anda, Rasa Lapar Bikin Gampang Marah, Simak Penjelasan Ilmiahnya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Minggu 10 Juli 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 56 2626743 tahukah-anda-rasa-lapar-bikin-gampang-marah-simak-penjelasan-ilmiahnya-GyFCUCp96D.jpg Tahukah Anda, rasa lapar bikin gampang marah, simak penjelasan ilmiahnya (Foto: iStock)

JAKARTA - Lapar merupakan penanda dari dalam tubuh seseorang untuk segera mengisi perutnya dengan makanan. Rasa lapar yang muncul bisa ditandai dengan bunyi dari dalam perut atau keadaan lemas yang dirasakan tubuh.

Banyak orang mengatakan, rasa lapar tersebut bisa bikin seseorang gampang marah. Pasalnya, orang yang lapar cenderung mudah tersinggung serta emosional.

Apakah benar ada hubungannya antara rasa lapar dengan mudah marah?

Dikutip dari Mental Floss, Minggu (10/7/2022), ada alasan fisiologis bahwa suasana hati akan menurun ketika rasa lapar meningkat dan melibatkan glukosa darah.

Hal ini, juga yang menjadi alasan mengapa penderita diabetes lebih sering murung atau bingung ketika kadar gula darahnya rendah.

Tubuh memproses makanan yang dimakan menjadi asam amino, lemak, dan gula sederhana, seperti glukosa. Secara khusus, otak bergantung pada fungsi glukosa.

Kemungkinan seseorang akan gagap ketika berbicara, sulit untuk konsentrasi, dan membuat kesalahan sederhana.

Rasa cemas, pusing, serta gemetar akan terasa. Ada juga kemungkinan marah terhadap sesuatu hal yang biasanya tidak membuat emosional.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

Hubungan antara gula darah rendah dan amarah yang begitu kuat dibuktikan melalui sebuah penelitian pada tahun 1984.

Penelitian ini, memprediksi kekerasan dari orang-orang yang kesulitan mengatur glukosa darahnya.

Ketika glukosa hampir habis, otak akan mengirim pesan ke organ tertentu untuk meningkatkan level Anda kembali. Ini bakal memicu adrenalin dan bisa membuat Anda cepat marah.

Jadi saat perasaan itu mulai muncul ketika seseorang lapar, pilihan terbaik makanan yang harus dikonsumsi seperti kacang-kacangan, alpukat, yogurt, hingga telur.

Jenis makanan-makanan tersebut, memiliki nutrisi serta mampu menstabilkan kadar gula darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini