Share

5 Langkah Membersihkan Mouse Agar Tetap Higienis

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 57 2626577 5-langkah-membersihkan-mouse-agar-tetap-higienis-R2y1Yx4mTu.jpeg 5 langkah membersihkan mouse agar tetapi higienis (Foto: ViewSonic)

JAKARTA - Mouse komputer atau laptop seiring pemakaiannya tentu akan menjadi kotor. Apalagi mouse menjadi hardware yang selalu digenggam oleh tangan, pastinya keringat, minyak, dan kotoran lainnya menumpuk di sana.

Sebagai pengguna komputer atau laptop yang baik, penting untuk memperhatikan kehigienisan mouse. Berikut ini adalah cara untuk membersihkan mouse, seperti dilansir dari Truseted Reviews, Sabtu (9/8/2022).

Namun, sebelum masuk ke langkah-langkah pembersihan, siapkan dulu alat-alat yang dibutuhkan. Adapun alat yang dibutuhkan berupa, tisu alkohol, kain mikrofiber, sikat lembut, tusuk gigi, cotton bud.

Setelah semua alat yang dibutuhkan lengkap, saatnya masuk langkah-langkah-langkah pembersihan. Berikut ada lima langkah yang harus dilakukan:

1. Putuskan koneksi mouse dari komputer atau laptop

Supaya lebih mudah dan leluasa dalam membersihkannya, silakan cabut mouse dari komputer atau laptop. Sambil mencabut mouse siapkan juga alat pembersih tadi.

2. Lap seluruh bagian mouse

Selanjutnya lap seluruh bagian mouse mulai dari bagian atas, bawah, dan ekorbmouse secara menyelurih dengan tisu alkohol. Gosok area yang kotor kemudian gunakan kain microfiber untuk mengeringkan mouse.

3. Bersihkan roller mouse

Roller mouse menjadi bagian yang paling sering digunakan. Putar roller mouse sambil mengelapnya dengan gerakan keluarm kemudian Kemudian bersihkan juga area di sekitar area roller mouse.

Khusus untuk area sensor optik, gunakan cotton bud yang telah disediakan tadi. Usap area sensor optik hingga bersih dari kotoran dan juga debu. Lakukan dengan sangat lembut.

4. Bersihkan celah-celah mouse

Area celah-celah mouse tentu akan banyak menyimpan kotoran. Gunakan sikat gigi tadi untuk membersihkannya. Jika menggunakan sikat gigi belum mempan, gunakan tusuk gigi untuk mencongkel kotoran.

5. Kembali lap mouse hingga tidak ada kotoran tersisa

Terakhir, bersihkan kembali semua bagian mouse dengan kain microfiber. Periksa kembali apakah semua kptoran sudah terangkat. Pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel di mouse.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini