Share

3 Tren Media Sosial yang Pernah Membunuh Manusia

Almas Taqiyya, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 57 2626644 3-tren-media-sosial-yang-pernah-membunuh-manusia-FVn7FcJa8x.jpg 3 tren media sosial yang pernah membunuh manusia (Foto: Freepik)

JAKARTA - Media sosial nampaknya tidak bisa terpisahkan dari remaja di masa kini. Seseorang dapat melakukan beragam hal bermanfaat melalui media sosial, seperti berjualan, bertemu teman baru hingga membantu menemukan orang yang hilang.

Namun, apa jadinya jika media sosial dijadikan ajang yang membahayakan hingga dapat membunuh orang?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tiga tren media sosial yang pernah membunuh manusia.

1. Benadryl Challenge

Benadryl challenge atau secara harfiah berarti ‘Tantangan Benadryl’ sempat viral di media sosial pada tahun 2020 silam.

Singkatnya, benadryl challenge merupakan tantangan di mana seseorang harus meminum obat alergi benadryl dalam jumlah yang banyak dan waktu yang cepat. Hal ini akan memberikan efek melayang hingga overdosis dan berujung kematian.

Seorang remaja berumur 15 tahun asal Oklahoma bernama Chloe Marie Phillips mengembuskan napas terakhirnya akibat melakukan tantangan ini. Chloe dimakamkan di First United Methodist Church, Blanchard, Oklahoma, pada 27 Agustus 2020.

2. Blackout Challenge

Blackout challenge merupakan sebuah tantangan yang sempat viral di media sosial TikTok. Seseorang yang melakukan tantangan ini akan berada dalam kondisi tercekik hingga ia jatuh pingsan.

Sejumlah remaja di Amerika Serikat membuat tantangan blackout challenge, baik karena ikut-ikutan atau paksaan dari teman sebayanya.

Blackout challenge pun berujung maut. Pada Desember tahun 2021 silam, seorang anak bernama Nylah Anderson mengalami tercekik hingga meninggal demi melakukan blackout challenge.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

Tanpa ditemani siapa pun, ia melakukan tantangan tersebut dengan menggunakan gantungan baju dan dompet dari lemari ibunya. Ia pun ditemukan dalam keadaan tidak sadar dan meninggal lima hari kemudian.

Sang ibu, Tawainna Anderson, menggugat TikTok akibat tragedi tersebut.

3. Tantangan Malaikat Maut

Sekilas tantangan ini tidak pernah terdengar oleh komunitas global TikTok. Nyatanya, tantangan malaikat maut berasal dari Indonesia.

Banyak remaja bahkan anak-anak Indonesia yang melakukan tantangan ini. Secara singkat, tantangan malaikat maut adalah berusaha memberhentikan truk yang telah melaju kencang.

Tercatat ada sekitar dua orang remaja yang meregang nyawa akibat tantangan ini. Salah satu kejadian tersebut ada di Karawang, Tangerang pada Juni 2022 silam. Seorang remaja juga dikabarkan mengalami luka di tengkoraknya hingga berujung kepada kematian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini