Share

Mengenal Fenomena MJO yang Sebabkan Cuaca Buruk

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 56 2627418 mengenal-fenomena-mjo-yang-sebabkan-cuaca-buruk-WehlGOpCGU.jpg Mengenal fenomena MJO yang sebabkan cuaca burul (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Mengenal fenomena MJO atau Madden Julian Oscillation tentu perlu diketahui, apalagi dikenal bisa menyebabkan cuaca buruk di sejumlah wilayah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) melaporkan, dampal dari fenomena MJO baru-baru ini terjadi di wilayah pantai barat selatan Aceh.

“Cuaca buruk tersebut seperti angin kencang dan hujan lebat,” kata prakirawati Stasiun BMKG Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, Almira, dikutip dari Antara, Senin (11/7/2022).

Fenomena MJO, kata dia, merupakan aktivitas intra seasonal yang terjadi di wilayah tropis yang dapat dikenali, berupa adanya pergerakan aktivitas konveksi yang bergerak ke arah timur dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik.

Menurut Almira, fenomena MJO tersebut biasanya muncul setiap 30 sampai 40 hari lamanya.

Apabila fenomena tersebut aktif di wilayah Indonesia, maka akan berdampak ke aktivitas konvektif yang ada di Indonesia yang dapat menyebabkan cuaca buruk.

Atas dasar iut, BMKG mengimbau masyarakat di pesisir untuk waspada dengan adanya potensi cuaca buruk.

“Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di pesisir barat-selatan Aceh, diharapkan selalu waspada adanya potensi cuaca buruk ini,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, sambung dia, dampak dari fenomena MJO tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya gelombang tinggi di laut dengan ketinggian mencapai empat hingga lima meter lebih.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini