Share

Tahukah Anda, Kucing Dinilai Suka Pilih-Pilih Makanan, Benarkah?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 56 2627778 tahukah-anda-kucing-dinilai-suka-pilih-pilih-makanan-benarkah-SzUGwzWHPw.jpg Tahukah Anda, kucing dinilai suka pilih-pilih makanan, benarkah? (Foto: Popsci)

JAKARTA - Jika Anda memiliki kucing peliharaan, mungkin pernah melihat makanan yang disediakan di wadah tidak habis atau bahkan tidak disentuh sama sekali.

Dikutip dari Mental Floss, Selasa (12/7/2022), hal ini memang sering terjadi dan membuat kucing terkesan suka pilih-pilih makanan. Tetapi bagaimana faktanya?

Penurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science, perilaku ini karena kucing mencari makanan yang selaras dengan kebutuhannya.

Kucing biasanya suka makanan berprotein tinggi dan lemak sedang. Hewan ini lebih mementingkan makanan untuk sumber energi daripada sekadar bau dan teksturnya.

Dalam penelitian tersebut, seekor kucing disajikan hidangan makanan yang memiliki rasio protein dan lemak yang memiliki beberapa rasa.

Mulai dari makanan terasa seperti kelinci, makanan rasa ikan, hingga makanan terasa seperti jeruk.

Pada akhirnya, kucing paling banyak memakan hidangan yang paling mendekati kebutuhan nutrisinya. Ini artinya kucing mencari makan bukan berdasarkan rasa, namun sesuai kebutuhannya.

Setelah kucing mendapatkan makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisinya, dia tidak akan memakan hidangan yang lain.

Anggota tim penelitian ini, Adrian Hewson-Hughes, percaya bahwa kucing punya versi makanan hewan neophobia, atau keengganan untuk mencoba hal-hal baru.

Namun, bagaimana kucing mengetahui kebutuhan nutrisinya tercukupi masih menjadi misteri yang belum terjawab.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini