Share

Meta Lahirkan AI Terbarunya, Mampu Terjemahkan 200 Bahasa

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 57 2627275 meta-lahirkan-ai-terbarunya-mampu-terjemahkan-200-bahasa-oIszfWknm4.jpg Meta lahirkan AI terbarunya, mampu terjemahkan 200 bahasa (Foto: Meta)

JAKARTA - Meta telah melahirkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) terbarunya. AI ini diklaim mampu menerjemahkan 200 bahasa secara real-time.

Disadur dari Engadget, Senin (11/7/2022), AI ini memungkinkan penerjemahan bahasa dengan mulus tanpa harus melalui bahasa Inggris terlebih dahulu.

Meta menamai kesuksesan besarnya ini sebagai No Language Left Behind (NLLB) 200.

Adapun bahasa yang mampu diterjemahkan termasuk bahasa yang jarang digunakan dari seluruh Asia dan Afrika, seperti Lao dan Kamba.

NLLB-200 dapat menerjemahkan 55 bahasa Afrika dengan hasil berkualitas tinggi.

Meta mengklaim AI-nya 44 persen lebih canggih dari AI yang ada saat ini dan 70 persen untuk dialek Afrika dan India tertentu.

Untuk diketahui, menerjemahkan antara dua bahasa terutama jika keduanya bukan bahasa Inggris telah menjadi tantangan yang signifikan.

Hal ini, karena banyak dari sistem terjemahan ini mengandalkan data tertulis yang diambil dari internet untuk dilatih.

Seperti kebanyakan program AI lainnya yang dipromosikan secara publik, Meta telah memutuskan untuk open-source NLLB-200.

Kemudian, memberikan dana hibah sekitar Rp2,9 miliar kepada organisasi nirlaba yang mengembangkan aplikasi untuk teknologi tersebut.

“Bayangkan mengunjungi grup Facebook favorit, menemukan posting di Igbo atau Luganda, dan dapat memahaminya dalam bahasa Anda sendiri hanya dengan mengklik tombol hipotesis posting Meta," kata Meta dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini