Share

Buka Smartphone Saat Bangun Tidur Bikin Pikiran Kacau, Ini Solusinya

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 57 2627971 buka-smartphone-saat-bangun-tidur-bikin-pikiran-kacau-ini-solusinya-UewDm7NTuK.jpg Buka smartphone saat bangun tidur bikin pikiran kacau, ini solusinya (Foto: Mamiverse)

JAKARTA - Mengoperasikan smartphone memang sangat menyenangkan, bahkan menjadi kebiasaan beberapa orang untuk cek pesan bahkan saat bangun tidur.

Namun, tahukah Anda bahwa mengakses smartphone pada saat bangun tidur dapat mengacaukan pikiran?

Dilansir dari akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa (12/7/2022), mendapatkan chat penting dari orang-orang terdekat memang kerap menjadi perhatian yang khusus.

Kendati demikian, terdapat tiga dampak yang sering dirasakan apabila sering membuka smartphone pada saat baru bangun tidur, di antaranya adalah gampang stres.

Kemudian, mengkonsumsi suatu info yang berlebihan, dapat memengaruhi beban pikiran. Hal ini, berdampak pada psikologis, seperti akan timbul rasa cemas dan menjadi tidak bersemangat.

Selanjutnya, menurukan fokus menjadi dampak berikutnya yang sering dijumpai oleh beberapa orang yang membuka smartphone saat bangun tidur.

Ketika kesadaran yang dimiliki belum sepenuhnya pulih dan disaat yang bersamaan bermain media sosial lewat smarphone, maka daya fokus yang dimiliki akan rendah.

Hal yang sudah pasti menjadi dampak dari bermain smartphone pada saat bangun tidur adalah membuat seseorang menjadi tidak produktif.

Tentunya, akan memicu untuk tetap berdiam diri dan tidak mengerjakan kegiatan harian yang seharusnya dilakukan.

Lalu, bagaimana cara agar hal-hal di atas dapat dihindari? Simak caranya berikut ini.

1. Hidupkan Airplane Mode

Cara ini dianggap ampuh, karena dengan menghidupkan mode pesawat saat tidur, dapat membantu mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas dan tidak terganggu oleh notifikasi.

2. Lakukan Rutinitas Pagi

Poin kedua ini mungkin terdengar sulit dilakukan oleh sebagian orang yang terbiasa membuka smartphone pada saat bangun tidur, tetapi membuat komitmen seperti olahraga, menyiapkan sarapan, dan membersihkan kamar dapat membuat hidup lebih produktif.

Dua kegiatan tadi merupakan cara yang patut untuk dicoba demi membuat hidup yang lebih produktif dan tidak selalu bermain smartphone.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini