Share

Kecepatan Superkomputer Frontier Pecahkan Rekor Baru, Fugaku Tersingkir

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 57 2628074 kecepatan-superkomputer-frontier-pecahkan-rekor-baru-fugaku-tersingkir-1BBZvVOdeF.jpg Kecepatan superkomputer Frontier pecahkan rekor baru, Fugaku tersingkir (Foto: Carlos Jones/ORNL/Departemen Energi AS)

JAKARTA - Superkomputer bernama Frontier berhasil mencapai tonggak sejarah baru, di mana untuk pertama kalinya kecepatan menyentuh 1.000.000.000.000.000.000 (1 kuantiliun) kalkulasi per detik.

Diolah dari Science News for Students, Selasa (12/7/2022), angka itu adalah kuantiliun kalkulasi per detik. Status exascale-nya ini diumumkan pada 30 Mei oleh TOP500 dan sekaligus memecahkan rekor dunia.

Dengan kecepatan itu, Frontier mengalahkan pemegang rekor lama yang diraih oleh superkomputer bernama Fugaku. Yang mana Fugaku digunakan di Pusat Ilmu Komputasi RIKEN di Kobe, Jepang.

Frontier sukses menjadi superkomputer tercepat di dunia. Kemampuannya ini, dapat membantu penelitian di bidang fisika, kedokteran, dan banyak bidang lainnya yang memang memerlukan penghitungan yang rumit.

Diketahui, beberapa pekerjaan itu akan memakan waktu terlalu lama untuk dilakukan dengan komputer biasa. Tetapi dengan mesin seperti Frontier yang mengelolanya, maka pekerjaan itu bisa diselesaikan dengan mudah.

Direktur proyek Frontiner, Justin Whitt mengatakan bahwa kekuatan komputer ini belum pernah ada sebelumnya. Whitt yang juga bekerja di Laboratorium Nasional Oak Ridge di Tennessee mengatakan butuh waktu sekitar tiga tahun untuk membangun Frontier.

Superkomputer Frontier sendiri nantinya dapat digunakan oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Mereka bisa mulai memanfaatkannya pada akhir tahun. Beberapa akan menggunakannya untuk memodelkan bagaimana bintang meledak.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini