Share

Jepang Pamerkan Pangkalan Bulan dengan Gravitasi Buatan untuk Hunian Manusia

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 56 2628840 jepang-pamerkan-pangkalan-bulan-dengan-gravitasi-buatan-untuk-hunian-manusia-3eOdjsEo00.jpeg Jepang pamerkan pangkalan Bulan dengan gravitasi buatan untuk hunian manusia (Foto: Kajima Corporation)

JAKARTA - Langkah manusia agar bisa tinggal di luar angkasa sepertinya semakin dekat, belum lama ini Jepang memamerkan model pangkalan Bulan dengan gravitasi buatan untuk hunian.

Diolah The Byte, Rabu (13/7/2022), tim ahli Universitas Kyoto dan ahli konstruksi Kajima Corporation meluncurkan maket pangkalan Bulan yang diperlihatkan pada sebuah konferensi minggu lalu.

Maket ini, menunjukkan orang-orang di sana tampak bahagia, beberapa dari mereka bahkan mengendarai perahu di sekitar interior yang tertutup air dan juga bangunan.

“Kami mengusulkan membuat jaringan gravitasi buatan, hari ketika manusia hidup di luar angkasa, Bulan, dan Mars sudah dekat, ” kata tim tersebut dalam sebuah pernyataan.

Lantas, apakah pangkalan bulan ini aman untuk dihuni manusia? Apakah akan ada efek samping bagi manusia yang memutuskan untuk tinggal di sana?

Menurut para ahli, masih banyak yang harus dipelajari. Belum banyak sumber rujukan yang mengetahui efek samping dari gravitasi rendah dan nol pada tubuh manusia.

Lebih lanjut, para ahli mengatakan bahwa masih membutuhkan studi lebih lanjut tentang solusi jangka panjang terkait kemungkinan masalah yang timbul, di luar persoalan ketersediaan udara dan air.

“Kami akan bekerja untuk membuat penelitian bersama yang nantinya akan berguna bagi umat manusia,” terang mereka.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini