Share

Cara Mudah Lestarikan Lingkungan Ala Arfiana Maulina

MNC Media, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2022 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 56 2630637 cara-mudah-lestarikan-lingkungan-ala-arfiana-maulina-vcNMJkQSmn.jpeg Arfiana Maulina. (Foto: Buddyku)

TAHUKAH Buddies sebenarnya melestarikan lingkungan itu bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana loh. Content creator Arfiana Maulina punya beberapa cara untuk melakukannya.

Arfiana memang punya segudang kegiatan. Selain aktif sebagai content creator, mahasiswa Ilmu Komunikasi Bina Nusantara ini juga sudah pernah magang di belasan perusahaan dan mendirikan organisasi pecinta lingkungan, Waterynation.

Oleh sebab itu Arfiana tahu banget cara-cara untuk mendukung pelestarian bumi. Cara Pertama tentu saja dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kedua, Buddies bisa membawa botol minum dan bekal makanan dari rumah. “Selain lebih efektif, higienis dan hemat kamu juga bisa turut melestarikan lingkungan dengan tidak menambah sampah plastik atau styrofoam lainnya,” ujarnya.

Arfiana Maulina

Ketiga, mulailah berhemat air. Salah satu caranya adalah dengan tidak mandi terlalu lama. "Kamu bisa luangkan waktu lebih banyak di akhir pekan atau hari libur untuk lebih mencintai diri tanpa harus membuang air,” tutur Arfiana.

Keempat, kurangi penggunaan kendaraan bermotor. Buddies bisa mulai biasakan jalan kaki, naik sepeda, atau mengendarai transportasi ramah lingkungan. “Selain kurangi jejak karbon kamu juga jadi lebih sehat karena berolahraga,” jelas gadis berusia 19 tahun ini.

Kelima, gunakan deterjen ramah lingkungan. Deterjen jenis ini tidak mencemari air dan tidak merusak tangan.

Arfiana menyarankan untuk manfaatkan lerak saat mencuci. Lerak adalah sejenis buah yang bisa dimanfaatkan sebagai deterjen ramah lingkungan. “Ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci pakaian, tapi juga untuk mencuci piring, sendok, dan garpu,” kata Arfiana.

Gimana Buddies, cara yang mudah kan untuk menjaga lingkungan

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini