Share

9 Tahap Pendaftaran PSE Supaya Tak Diblokir Kominfo

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 54 2631652 9-tahap-pendaftaran-pse-supaya-tak-diblokir-kominfo-q7FAYtlLVs.jpg 9 tahap pendaftaran PSE supaya tak diblokir Kominfo (Foto: Fiberknot)

JAKARTA - Isu seputar pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) sedang hangat dibicarakan, sebab ada banyak PSE yang belum mendaftar dan terancam diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Direktorat Jenderal (Ditjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo sendiri, telah membuat sebuah panduan tentang tata cara mendaftarnya.

Perihal pendaftaran PSE ini, juga sebuah kewajiban dan termuat di Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2022 tentang PSE yang merupakan Peraturan Pelaksana oleh Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggara Sitem dan Transaksi Elektronik.

Manfaat dari mendaftarkan perusahaan sendiri berarti pihak perusahaan telah berkontribusi dalam kemajuan teknologi dan bisnis di Indonesia.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara mendaftarnya? Inilah 9 tahap yang harus diperhatikan apabila ingin mendaftar PSE, sebagaimana diolah dari keterangan resmi Ditjen Aptika Kominfo, Senin (18/7/2022).

1. Menerima E-mail Berisi Link Aktivasi & Informasi Akun Layanan

Setelah memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) dan memilih Izin Operasional di OSS, nantinya akan ada email dari OSS yang berisi username (email), password, dan link untuk permohonan pendaftaran PSE.

2. Login Untuk Melakukan Pendaftaran

Akses https://layanan.kominfo.go.id lalu masukan email dan password dengan benar, masukan captcha, kemudia klik tombol ‘masuk’.

3. Isi Formulir Pendaftaran PSE Lingkup Privat

Isilah semua formulir pendaftarannya dengan tepat dan sebenar-benarnya sesuai dengan perusahaan yang dimiliki.

4. Kirim Permohonan Pendfataran PSE Lingkup Privat

Setelah berhasil mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan, pastikan semua informasi diisi dengan benar lalu klik kirim. Nantinya aka nada email konfirmasi permohonan pendaftaran PSE.

5. Konfirmasi Permohonan Pendaftaran Melalui Email

Ketika sudah menerima email, klik tautan “Lanjutkan Verifikasi Permohonan” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

6. Cek Status Permohonan Pendaftaran PSE

Ketika sudah mengisi semua, status permohonan akan menjadi ‘menunggu TTD’. Jika sudah selesai, statusnya kan berubah menjadi “selesai” dan biasanya dibutuhkan waktu 1 hari kerja.

7. Status Permohonan Pendaftaran Selesai

Setelah status permohonan dinyatakan “selesai”, maka kolom ‘Nomor TDPSE’ dan ‘Tanggal SE’ akan terisi dan dapat simbol unduh yang terdapat pada kolom aksi.

8. Mengisi Survey Sebelum Mengunduh Tanda Daftar PSE

Sebelum dapat diunduh, pastikan pendaftar mengisi Survey Kepuasaan Masyarakat. Hal ini untuk mendukung peningkatan kualitas layanan.

9. Tanda Daftar PSE Siap Digunakan

Tanda Daftar selesai di unduh dan seluruh proses dinyatakan selsai. Nama PSE akan terdaftar yang bisa diakses melalui https://layanan.kominfo.go.id pada menu “Direktori/Penyelenggara Sistem Elektronik Terdaftar

Demikian pembahasan mengenai sembilan tahap pendaftaran PSE, semoga bisa membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini