Share

China Bangun Radar Raksasa untuk Deteksi Asteroid Berbahaya Bagi Bumi

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 56 2631586 china-bangun-radar-raksasa-untuk-deteksi-asteroid-berbahaya-bagi-bumi-J65lgwxUdv.JPG China bangun radar raksasa untuk deteksi asteroid berbahaya bagi Bumi (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Salah satu universitas terkemuka di China telah mulai membangun susunan lebih dari 20 antena radar raksa, tujuannya untuk melacak asteroid yang berpotensi berbahaya bagi Bumi.

Disadur dari Space, Senin (18/7/2022), proyek tersebut bernama China Fuyan (atau "mata majemuk"), yang dipimpin oleh Institut Teknologi Beijing.

Array di dalamnya, berfungsi untuk memantulkan sinyal dari asteroid dalam jarak 93 juta mil (150 juta kilometer) dari Bumi untuk memotret dan melacak objek dan menentukan kemungkinan bahwa mereka dapat berdampak pada planet kita.

Sejauh ini, dua antena telah dibangun di sebuah situs di Chongqing, di China selatan. Alat ini akan diuji dan mulai beroperasi pada bulan September.

Sistem yang telah selesai akan mencakup lebih dari 20 antena radar, masing-masing dengan diameter 82 hingga 98 kaki (25 hingga 30 meter).

Sebuah laporan mengklaim, sistem itu akan menjadi sistem radar dengan jangkauan terjauh di dunia, tetapi hanya sedikit rincian tentang proyek tersebut, seperti panjang gelombang di mana ia akan beroperasi.

Presiden Institut Teknologi Beijing, Long Teng, mengatakan kepada Global Times. proyek tersebut akan memenuhi persyaratan negara untuk pertahanan dekat-Bumi dan kemampuan penginderaan ruang angkasa, serta studi perbatasan tentang pembentukan asteroid.

Sistem ini, sambung Teng, juga dapat diterapkan untuk melacak satelit dan puing-puing di orbit Bumi.

Pada bulan April, Administrasi Luar Angkasa Nasional China mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan rencana pertahanan planet yang mencakup pelacakan objek dekat Bumi dan meluncurkan misi uji defleksi asteroid dalam beberapa tahun ke depan.

Survei dekade baru oleh Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menemukan, radar berbasis darat bisa menjadi salah satu alat terbaik umat manusia untuk melindungi Bumi dari ancaman asteroid.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini