Share

Berhentilah Isi Baterai iPhone Hingga 100%, Bisa Mati Total

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 57 2632360 berhentilah-isi-baterai-iphone-hingga-100-bisa-mati-total-tTI2CijB9O.jpeg Berhentilah isi baterai iPhone hingga 100%, bisa mati total (Foto: Guilding Tech)

JAKARTA - Pengguna iPhone yang kerap mengisi daya hingga 100 persen coba mulai hentikan kebiasaan itu. Pasalnya, Apple baru saja mengingatkan bahwa hal tersebut dapat merusak perangkat.

Mengisi daya iPhone hingga penuh 100 persen secara terus menerus dapat merusak masa pakai baterai secara keseluruhan. Itu artinya setiap pengisian maka akan semakin mempersingkat umur baterai itu sendiri.

Dilansir dari Daily Star, Selasa (17/7/2022), iPhone sendiri menggunakan baterai lithium-ion. Dan diketahui bahwa baterai jenis ini akan kehilangan ketahanannya setiap kali terisi penuh.

Jika mengisi daya 100 persen hingga ratusan kali, pengguna dipastikan harus mengganti baterai atau bahkan iPhone baru. Masa pakai baterai ini bisa dilihat di fitur "Kesehatan Baterai" di menu Pengaturan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kerentanan baterai lithium-ion iPhone.

Yang pertama adalah jangan penah tinggalkan iPhone dalam kondisi mengisi daya selama semalaman.

Sebaiknya lakukan pengisian daya selagi masih terjaga agar bisa mengentikan pengisian daya pada saat baterai masih di angka 80 persen.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

Selain memastikan iPhone tidak terisi penuh secara teratur hingga 100 persen, hindari iPhone dari suhu ekstrem, baik panas maupun dingin.

Hal ini, karena baterai iPhone hanya memiliki kinerja yang baik di suhu 16 C dan 22 C.

Jika suhunya lebih panas dari 35 C, dapat dipastikan kapasitas baterai dapat rusak secara permanen dalam waktu dekat.

Jadi, jauhkan iPhone dari sinar Matahari langsung dan jangan gunakan casing terlalu tebal. Hindari juga mengisi daya di bawah bantal.

Jangan lupa, aktifkan mode Daya Rendah untik mengurangi kecerahan layar dan menyempurnakan aktivitas perangkat agar berjalan lebih lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini