Share

Cara Bersihkan Layar Laptop Touchscreen dari Debu dan Jejak Sidik Jari

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 57 2633245 cara-bersihkan-layar-laptop-touchscreen-dari-debu-dan-jejak-sidik-jari-8SZARAiyMS.jpg Cara bersihkan layar laptop touchscreen dari debu dan jejak sidik jari (Foto: Digital Trends/Jon Martindale)

JAKARTA - Laptop kini banyak yang sudah dilengkapi dengan layar sentuh. Kemampuan ini memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan komputer lipat tersebut.

Namun, layar sentuh pada laptop harus selalu dibersihkan agar performanya terus stabil. Pasalnya, layar sentuh juga rentan dengan debu dan jejak sidik jari.

Lalu, bagaimana cara mudah membersihkan layar sentuh laptop? Berikut tips mudahnya, sebagaimana dirangkum dari Digital Trends, Kamis (21/7/2022).

1. Gunakan kain mikrofiber

Kain mikrofiber menjadi cara terbaik untuk membersihkan lensa kamera dan kacamata. Sebab, dirancang untuk membersihkan debu dan serpihan tanpa menghasilkan serat atau permukaan yang mudah tergores.

Jadi, kain ini juga bisa digunakan pada layar laptop agar tidak tergores. Meskipun bisa menggunakan bahan lainnya, kain mikrofiber lebih cenderung meninggalkan detritus sendiri.

Bahkan, penggunaan kain mikrofiber ini lebih baik dari menggunakan tisu atau kertas.

2. Gunakan spons

Jika kain mikrofiber tidak membersihkan kotoran layar yang membandel, spons basah bisa menjadi alternatif lain. Pertama-rama matikan laptop dan cabut dari sumber daya listrik. Jika memungkinkan, keluarkan juga baterainya.

Basahi spons dengan sedikit air dan peras agar tidak ada tetesan. Usap secara perlahan area yang terkena layar laptop dengan spons. Perhatikan tetesan dan segera bersihkan jika ada.

Demikian pembahasan cara membersihkan layar laptop touchscreen dari debu dan jejak sidik jari, semoga bisa membantu.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini