Share

Tenggat Pendaftaran PSE Berakhir, Google Belum Terdaftar, Kominfo Bakal Blokir?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 54 2633542 tenggat-pendaftaran-pse-berakhir-google-belum-terdaftar-kominfo-bakal-blokir-RNbCFeZp08.jpg Tenggat pendaftaran PSE berakhir, Google belum terdaftar, Kominfo bakal blokir? (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Tenggat waktu pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) telah berakhir. Terpantau, Google belum juga mendaftar, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal blokir?

Laman Google sejauh ini masih bisa diakses dan tidak ada pembatasan layanan sama sekali, meski perusahaan telah melewati batas akhir pendaftaran PSE.

Belum diketahui apakah Kominfo sendiri telah melayangkan surat teguran atau belum kepada raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut.

Namun, yang jelas Kominfo memang menyediakan sejumlah sanksi. Dalam konferensi pers yang digelar beberapa waktu lalu, Kominfo menyebut bahwa sanksi pemblokiran merupakan opsi terakhir.

Selain itu, sebelum diblokir ada sanksi lain berupa teguran serta denda administrasi.

Untuk pemberian sanksi, seluruhnya adalah wewenang Menteri. Hal ini seperti dikatakan oleh Direktur Aptika Kominfo, Semuel Abrijani.

"Menteri kan udah sampaikan statement. Untuk tahapan sanksi itu tanggal 21 Juli 2022 itu sudah mulai berjalan. Apakah akan diberikan teguran, denda administrasi, atau pemblokiran, itu hak prerogratif Menteri. Keputusan ada di Menteri," jelasnya.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini