Share

Google dan YouTube Sudah Daftar PSE, Tak Jadi Diblokir Kominfo

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 54 2633920 google-dan-youtube-sudah-daftar-pse-tak-jadi-diblokir-kominfo-PAzlyfA2Gx.jpg Google dan YouTube sudah daftar PSE, tak jadi diblokir Kominfo (Foto: Daily Express)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan, Google dan YouTube sudah mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), sehingga tidak jadi diblokir.

Diketahui, Google memiliki sejumlah layanan seperti Search Engine, Maps, hingga YouTube.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani, mengatakan bahwa Google telah mendaftarkan sejumlah platform atau layanannya.

Hal tersebut dipaparkan dalam konferensi pers, Kamis (21/7/2022), di mana berlangsung secara luring dan daring.

โ€œ(Google) Mendaftarkan empat lagi tambahan. Sekarang mereka mendaftarkan YouTube, Search Engine, Playstore, dan Google Maps,โ€ kata Semuel.

Dia menjelaskan, sebelumnya Google juga telah mendaftarkan layanannya yang masuk ke dalam PSE Domestik, yaitu Google Cloud.

BACA JUGA:Penolakan Aturan PSE Meluas, Tagar Blokir Kominfo Dikumandangkanโ€œMemang PT Google Cloud itu ada di domestik, PT-nya ada di sini, bangunannya juga ada di sini, mereka memang PT lokal, PT Google Cloud Indonesia,โ€ ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Semuel juga mengungkapkan alasan adanya kebijakan tersebut.

โ€œIni adalah bagian daripada kita menjaga ruang digital kita lebih kondusif, lebih aman dan nyaman, agar masih banyak kegiatan masyarakat yang dilakukan di ruang digital, dan akan mengangkat ekonomi digital kita,โ€ ungkap dia.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini