Share

Tahukah Anda, Memeluk Pohon Punya Beragam Manfaat, Apa Saja?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 56 2634093 tahukah-anda-memeluk-pohon-punya-beragam-manfaat-apa-saja-W54bLIK93x.jpg Tahukah Anda, memeluk pohon punya beragam manfaat, apa saja? (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pernahkah Anda memeluk pohon? Jika ya, jangan merasa salah atau malu. Sebab, tindakan tersebut terbukti punya beragam manfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber, penelitian telah membuktikan bahwa memeluk pohon akan meningkatkan hormon dan kesehatan mental.

Menurut buku Blinded by Science oleh Matthew Silverstone, ada bukti bahwa pohon memberikan manfaat kesehatan untuk penyakit mental seperti Attention Deficit Hyperactivity Disorder dan depresi.

Manfaat memeluk pohon yaitu dapat meningkatkan kadar hormon oxytocin, seritanin, dan dopamine. Ketiga hormon ini akan membuat kita merasa lebih bahagia. Berikut adalah penjelasan fungsi setiap hormon.

1. Oxytocin

Hormon oxytocin ini sering disebut "hormon cinta". Hormon ini sangat penting untuk membantu persalinan, menyusui, dan bahkan membuat ikatan orangtua-anak yang kuat.

Hormon ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan, dan kadar oksitosin umumnya meningkat dengan kasih sayang fisik seperti ciuman, pelukan, dan hubungan intim.

2. Seritanin

Selanjutnya hormon seritanin membantu mengatur suasana hati serta tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori.

3. Dopamine

Dan terakhir ada hormon dopamine atau yang lebih dikenal sebagai hormon "perasaan baik". Dopamine adalah hormon dan neurotransmitter yang merupakan bagian penting dari sistem penghargaan otak.

Dopamine dikaitkan dengan sensasi yang menyenangkan, bersama dengan pembelajaran, memori, fungsi sistem motorik, dan banyak lagi.

Sangat penting untuk membebaskan diri di alam bebas seperti hutan atau taman. Alam memberikan begitu banyak manfaat kepada kita untuk menyembuhkan diri kita sendiri secara holistik. Kegiatan memeluk pohon ini tergolong sebagai ecowellness.

E.O. Wilson dalam bukunya tahun 1984, Biophilia, menyebutkan bahwa manusia secara alami suka berada di sekitar makhluk hidup lainnya.

Dengan menikmati alam bebas, kalian akan lebih mudah mengatasi masalah atau beban dengan lebih tenang, kreatif, dan tetap sehat secara fisik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya dengan melihat gambar alam dapat mencerahkan suasana hati dan membuat kamu merasa lebih baik.

Meningkatnya ketiga hormon oxytocin, seritanin, dopamine akan membuatmu merasa tenang, motional bonding dan lebih bahagia. Jadi, tidak ada salahnya untuk memeluk pohon mulai sekarang!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini