Share

7 Platform Gaming Terancam Diblokir Kominfo, dari Roblox hingga CS:GO

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 326 2634312 7-platform-gaming-terancam-diblokir-kominfo-dari-roblox-hingga-cs-go-bzpOwZMAaT.jpg 7 platform gaming terancam diblokir Kominfo, dari Roblox hingga CS:GO (Foto: Freepik)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan, ada beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di sektor game yang terancam diblokir.

Pasalnya, sejumlah PSE di sektor gaming tersebut belum mendaftarkan diri ke pihak Kominfo.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani, menjelaskan bahwa PSE yang tidak mendaftarkan dengan jangka waktu 5 hari kerja, maka akan dikirimkan surat peringatan agar segera melengkapi datanya.

“Kalau tidak (mendaftar), kita langsung proses pemblokiran,” kata Semuel dalam konferensi pers, baru-baru ini.

Dia menyebut ada sejumlah PSE dengan trafik terbesar yang belum mendaftarkan diri. Beberapa di antaranya merupakan platform gaming.

Berikut daftar tujuh platform gaming yang terancam diblokir Kominfo karena belum mendaftarkan diri hingga Kamis (21/7/2022) kemarin.

1. Roblox

2. Steam

3. Dota

4. Epic Game

5. Battlenet

6. Origin

7. Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO)

“Mereka diberi ultimatum (untuk mendaftar) hingga 5 hari kerja. Kalau tidak, ini akan masuk ke sistem pemblokiran kita,” ujarnya.

Selain platform gaming tersebut, Kominfo juga menyebut beberapa PSE dengan trafik terbesar yang belum mendaftarkan diri.

Di antaranya ada Amazon, PayPal, Opera, LinkedIn, Alibaba, Yahoo, dan Bing.

“Bila hari Rabu jam 23.59 tidak ada respon maupun komitmen untuk mendaftar, apalagi tidak mau mendaftar, maka tim kami akan melakukan pemutusan akses terhadap konten-konten atau platform tersebut,” ungkap Plt Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Teguh Arifiyadi.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini