Share

6 Fakta Menarik Antartika, Termasuk Benua Terbesar hingga Mengandung Air Tawar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 56 2634328 6-fakta-menarik-antartika-termasuk-benua-terbesar-hingga-mengandung-air-tawar-5IdAzHwqm3.jpg 6 fakta menarik Antartika, temasuk benua terbesar hingga mengandung air tawar (Foto: Nature)

JAKARTA - Antartika adalah benua terdingin di muka Bumi. Hampir seluruh area benua ini diselimuti es yang ketebalannya bisa mencapai 1 km.

Suhu dingin yang ekstrem di Antartika sulit terbayangkan. Tetapi, luar biasanya ada sekelompok hewan yang mampu beradaptasi dengan dinginnya Antartika.

Hal menarik soal Antartika bukan hanya itu. Dikutip dari YouTube iNews Variety Show, Jumat (22/7/2022), berikut 6 fakta menarik Antartika yang harus Anda ketahui. Apa saja?

1. Benua terbesar kelima di Bumi

Antartika merupakan benua terbesar kelima di Bumi. Luas antartika kurang lebih 14 juta km persegi atau hampir sama dengan luas Amerika Serikat dan 2 kali lipat Benua Australia.

Benua Antartika adalah benua tanpa negara dan pemerintahan. Ada beberapa negara yang masuk dalam benua ini, tapi negara itu dipakai hanya untuk penelitian ilmiah.

2. Suhu rata-rata tahunan -57 derajat celcius

Di benua Antartika, suhu rata-rata tahunannya itu -57 derajat celcius. Tapi, sejarah mencatat benua Antartika pernah mencapai suhu terekstrim yaitu -90 derajat celcius. Bisa terbayang betapa dinginnya wilayah tersebut?

Mau tahu berapa suhu terpanas di benua Antartika? Menurut beberapa laporan, suhu terpanas Antartika itu 15 derajat celcius.

Angin di Antartika juga ekstrem. Jika biasanya kecepatan angin itu bergerak sekitar 18 km per jam, tapi di sini angin bisa bergerak 320 km per jam.

3. Ada gunung berapi di Antartika

Benua Antartika punya gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Salah satu yang paling populer adalah Erebus, dengan danau lava yang aktif.

Peneliti bahkan meyakini bahwa di Benua Antartika sejatinya terdapat 91 gunung berapi yang saling berkaitan. Beberapa gunung diperkirakan punya ketinggian 4.000 meter, namun uniknya sebagian besar titik puncak pegunungan di bawah lapisan es dan salju setebal 2 km.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Benua Antartika jarang sekali hujan air

Benua Antartika jarang sekali hujan air. Bahkan, beberapa titik di benua ini sama sekali sudah tidak pernah hujan air.

Peneliti meyakini bahwa 50 juta tahun lalu, suhu Antartika pernah mencapai 17 derajat celcius dan itu suhu paling hangat di benua tersebut.

Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan beberapa fosil hewan purba di sini yang artinya Antartika pernah ditutupi hutan hijau dan dihuni dinosaurus.

5. Matahari terbit dan tenggelam hanya 1 tahun sekali

Fakta lain yang luar biasa dari Antartika adalah momen matahari terbit dan tenggelam hanya terjadi 1 tahun sekali. Dengan begitu, prinsip waktu siang dan malam tidak berlaku di Antartika.

Matahari diketahui akan menyinari Antartika sepanjang 6 bulan lamanya tanpa henti, dan setelah itu 6 bulan berikutnya Antartika akan gelap gulita tanpa matahari sama sekali.

6. 90% air tawar ada di Antartika

Es yang ada di Antartika adalah air tawar. Ini yang memicu kekhawatiran bahwa setiap kali es di Antartika mencair, itu bisa menambah volume air di lautan. Semakin banyak es yang cair, maka semakin tinggi permukaan laut dan ini jika terus terjadi bisa menenggelamkan Bumi.

Demikian fakta menarik Antartika sebagai wilayah terdingin di muka Bumi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini