Share

Kupu-Kupu Raja Masuk Daftar Spesies Terancam Punah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 56 2634345 kupu-kupu-raja-masuk-daftar-spesies-terancam-punah-q3iBhhrQS4.JPG Kupu-kupu raja masuk daftar spesies terancam punah (Foto: CBC/Michael Charles Cole)

JAKARTA - Kupu-kupu raja masuk daftar spesies terancam punah. Hewan cantik dengan sayap berwarna oren-hitam ini jumlahnya semakin sedikit di Bumi.

"Jumlahnya semakin sedikit dan ini sangat mengkhawatirkan," kata Stuart Pimm, ahli ekologi di Duke University, dikutip dari CBC, Jumat (22/7/2022).

Padahal, kata Pimm, kupu-kupu raja adalah jenis kupu-kupu yang paling terkenal di dunia, salah satunya karena keindahan sayapnya.

Status terancam punah ini, dikeluarkan oleh International Union for the Conservation of Nature (IUCN).

Sebelum kupu-kupu raja, pada 2016 Komite Status Satwa Liar yang Terancam Punah di Kanada menetapkan kupu-kupu Monarch sebagai spesies yang terancam punah.

IUCN sendiri, memperkirakan bahwa populasi kupu-kupu raja saat ini khususnya di Amerika Utara telah menurun drastis, antara 22 hingga 72 persen selama 10 tahun terakhir. Angka bisa berbeda tergantung metode pengukurannya.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

"Kami sangat khawatir akan jumlah penurunan kupu-kupu raja ini," kata Nich Haddad, ahli biologi konservasi di Michigan State University.

"Sangat mudah membayangkan betapa cepatnya kupu-kupu ini sangat terancam," tambahnya.

Diketahui, Haddad memang melakukan pengamatan secara spesifik kepada kupu-kupu raja.

Menurut hasil pengamatannya, sejak 1990 kupu-kupu raja sudah semakin jarang ditemukan di alam liar, populasinya menurun antara 85 hingga 95 persen di Amerika Serikat bagian Timur.

"Semakin sedikitnya jumlah kupu-kupu raja di alam liar ini amat menyakitkan. Selama 30 tahun terakhir, jumlah kupu-kupu raja terus menurun, dan kini terancam punah," ungkap Karen Oberhauser, ahli biologi konservasi Amerika yang secara khusus mengamati kupu-kupu raja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini