Share

Kalangan Remaja Pilih Instagram, TikTok, dan YouTube Sebagai Sumber Berita

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 57 2634367 kalangan-remaja-pilih-instagram-tiktok-dan-youtube-sebagai-sumber-berita-Gy98m5taFV.JPG Kalangan remaja pilih Instagram, TikTok, dan YouTube sebagai sumber berita (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kalangan remaja lebih memilih mengakses Instagram, TikTok, dan YouTube daripada portal berita, televisi, atau koran untuk mendapatkan informasi terkini.

Dilansir dari Daily Business, Jumat (22/7/2022), saat ini para remaja telah beralih dari saluran berita siaran tradisional menjadi mencari berita teraktual melalui Instagram, TikTok dan YouTube.

Berdasarkan laporan Konsumsi Berita Ofcom di Inggris, untuk pertama kalinya, Instagram adalah sumber berita paling populer di kalangan remaja Britania Raya.

Hampir tiga dari sepuluh remaja menggunakan Instagram (29%) untuk mendapatkan berita terkini, disusul oleh TikTok (28%) dan YouTube (28%).

TikTok Jadi Sumber Berita Bagi Jutaan Pengguna

TikTok mengalami peningkatan terbesar dalam penggunaannya sebagai sumber berita.

Tercatat pada tahun 2020, orang dewasa yang menjadi pengguna TikTok berjumlah 0,8 juta, dan angka ini naik menjadi 3,9 juta orang dewasa yang menggunakan TikTok.

Pertumbuhan TikTok tidak terlepas dari peran kelompok usia yang lebih muda, dengan setengah dari penggunanya berusia 16 hingga 24 tahun. Pengguna TikTok mengklaim bahwa mereka mendapatkan berita dari TikTok orang lain yang diikutinya daripada ‘organisasi berita’.

Berita TV Paling Dipercaya

Yih-Choung Teh, direktur grup Ofcom untuk strategi dan penelitian mengatakan, kalangan remaja saat ini semakin tidak tertarik membaca koran atau mendengarkan berita TT, alih-alih menggunakan media sosial yang dimiliki untuk mendapatkan berita up-to-date.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

Media sosial digemari karena para anak muda beranggapan bahwa berita tersebut dapat diandalkan. Selain berita, media sosial dapat memberikan berbagai opini tentang berita topikal yang sedang ramai dibahas.

Namun, berita TV tetap menjadi sumber yang paling terpercaya di kalangan orang dewasa, khususnya Inggris. Mereka beranggapan bahwa berita di media sosial sering tidak dapat diandalkan.

Penurunan Tren dalam Berita Berbentuk Cetak Semakin Cepat

Ditengah kesuksesan berita di media sosial, berita berbentuk cetak semakin memprihatinkan. Penurunan substansial jangkauan surat kabar cerak pra-pandemi dalam beberapa tahun terakhir tampaknya semakin cepat.

Hal ini, dapat dilihat dari kurang seperempat orang dewasa di Inggirs menggunakan surat kabar cetak untuk berita pada tahun 2022. Jumlah ini menurun dibandingkan tahun 2020, lebih dari sepertiganya masih menggunakan berita cetak.

Ironinya, pelanggan koran di kalangan remaja terus menurun, dari 19 % menjadi 13% dalam lima tahun terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini