Share

Mengenal Kelas MicroSD Berdasarkan Kecepatannya yang Jarang Diketahui

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 23 Juli 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 57 2635008 mengenal-kelas-microsd-berdasarkan-kecepatannya-yang-jarang-diketahui-lVUatOknFc.jpg Mengenal kelas MicroSD berdasarkan kecepatannya yang jarang diketahui (Foto: PC Perspective)

JAKARTA - Mengenal kelas MicroSD berdasarkan kecepatannya mungkin jarang diketahui. MicroSD merupakan kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association untuk perangkat portable.

SD Card Association diketahui telah mengelompokkan MicroSD sesuai dengan tingkat kecepatan kartu memori. Terdapat 3 kelas pengelompokkan MicroSD.

Lantas, apa saja kelas MicroSD yang harus diketahui? Untuk memahaminya, simak rangkuman berikut ini, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kelas kecepatan

Kelas kecepatan atau kelas kecepatan orisinal adalah kartu SD atau microSD yang dilambangkan dengan simbol “C”. Ada empat tingkat dalam Kelas Kecepatan ini, yakni:

- C2 (Kelas 2) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 2 MB/dtk (MegaByte per detik).

- C4 (Kelas 4) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 4 MB/dtk.

- C6 (Kelas 6) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 6 MB/dtk.

- C10 (Kelas 10) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 10 MB/dtk.

Perlu diketahui, C2 adalah kelas kecepatan paling pelan sedangkan C10 adalah standar industri. Sebab, perangkat keras yang baru membutuhkan kelas kecepatan dengan kecepatan dan kemampuan tinggi yang baru.

Akan tetapi, saat ini jarang ada yang menggunakan Kelas 2 hingga 6. C10 merupakan kebutuhan kelas kecepatan minimum untuk kebanyakan perangkat keras yang diproduksi dan kartu memori yang paling banyak terjual di pasaran.

2. UHS Speed Class

Kelas Kecepatan UHS (Ultra-High Speed) dilambangkan dengan simbol “U”. Terdapat dua peringkat dalam Kelas Kecepatan UHS, yaitu:

- U1 (UHS Speed ​​Class 1) dengan kecepatan tulis minimum 10MB/dtk

- U3 (UHS Speed ​​Class 3) dengan kecepatan tulis minimum 30MB/dtk

Kelas Kecepatan UHS lebih umum digunakan saat ini daripada Kelas Kecepatan. Bahkan, saat ini banyak kamera kelas atas yang memerlukan setidaknya kartu memori dengan nilai U3 untuk banyak fungsinya seperti merekam video resolusi tinggi.

Kelas Kecepatan UHS mengacu pada kinerja penulisan berkelanjutan minimum untuk merekam video dan muncul sebab perangkat perekaman video berkemampuan 4K yang membutuhkan kecepatan tulis lebih cepat.

MicroSD U1 dan U3 lebih canggih daripada yang ada di Kelas Kecepatan sebab menggunakan salah satu dari dua antarmuka bus UHS:

- UHS-I: kecepatan transfer maksimum teoritis hingga 104MB/dtk

- UHS-II: kecepatan transfer maksimum teoritis hingga 312MB/dtk

Baik kartu memori U1 dan U3 dapat menggunakan antarmuka bus UHS-I namun tidak kompatibel dengan antarmuka bus UHS-II.

3. Kelas Kecepatan Video

Kelas Kecepatan Video memungkinkan resolusi video lebih tinggi dan fitur rekaman seperti berbagai siaran video, rekaman 360-derajat, konten VR dan video beresolusi 4K atau 8K. Umumnya, dilambangkan dengan simbol “V” dan terdapat lima tingkat dalam Kelas Kecepatan Video:

- V6 (Kelas Kecepatan Video 6) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 6MB/dtk

- V10 (Kelas Kecepatan Video 10) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 10MB/dtk

- V30 (Kelas Kecepatan Video 30) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 30MB/dtk

- V60 (Kelas Kecepatan Video 60) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 60MB/dtk

- V90 (Kelas Kecepatan Video 90) dengan kecepatan tulis minimum sebesar 90MB/dtk

Kelas Kecepatan Video ini menarik lantaran dapat menggunakan kedua antarmuka bus UHS-I dan UHS-II. Kartu memori kelas kecepatan V6 hingga V90 dapat menggunakan antarmuka bus UHS-II, namun antarmuka bus UHS-I hanya dapat mendukung kartu memori kelas kecepatan V6 hingga V30.

Kelas Kecepatan Video ini menawarkan kecepatan paling tinggi yang tersedia dan ideal untuk video beresolusi sangat tinggi, video berkualitas tinggi dan merekam di berbagai file dalam drone beserta kamera 360 derajat.

Demikian pemahaman mengenal kelas MicroSD yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini