Share

Google akan Diblokir di Wilayah Ukraina Timur, Kenapa?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 54 2635544 google-akan-diblokir-di-wilayah-ukraina-timur-kenapa-6PSWDsZQTZ.jpg Google akan diblokor di wilayah Ukraina Timur, kenapa? (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Google sebagai mesin pencarian akan diblokir di wilayah Ukraina Timur, tepatnya di Donetsk dan Luhansk. Hal ini, lantaran dua daerah tersebut sudah berada di bawah kekuasaan pendudukan Rusia.

Dilansir dari The Verge, Senin (25/7/2022), padahal sebelumnya Google sangat diandalkan di Ukraina. Tetapi, ketika kekuasaan beralih maka kebijakan pun akan berbeda. Akses ke Google terancam diblokir dalam waktu dekat.

Denis Pushilin, pemimpin negara Republik Rakyat Donetsk yang didukung Rusia, memposting pesan di Telegram yang menyebut bahwa Google telah berperan dalam memperkeruh suasana.

Ia menuduh, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu telah mempromosikan tindakan terorisme dan kekerasan terhadap semua orang Rusia, dan terutama penduduk Donbas.

Untuk diketahui, sejak invasi Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina beberapa bulan lalu, hubungan Google dan negara tersebut semakin memanas. Google disebut sebagai platform penyebar paham ekstremis.

Google dituduh memungkinkan pengguna di beberapa negara untuk berbagi konten yang biasanya akan melanggar aturan terhadap pidato kekerasan. Meski demikian, Google hingga kini belum memberi komentar.

Google telah didenda hampir $365 juta oleh Rusia atas "konten terlarang" di YouTube yang diduga mempromosikan "ekstremisme dan terorisme" dan yang menurut para pejabat termasuk informasi palsu tentang perang di Ukraina.

Pada bulan Mei, cabang Google Rusia sendiri telah mengajukan kebangkrutan, dengan mengatakan bahwa kantor tersebut “tidak dapat dipertahankan” untuk melanjutkan operasinya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini