Share

HRIS Software Perusahaan Terlengkap Talenta by Mekari

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 16 2635958 hris-software-perusahaan-terlengkap-talenta-by-mekari-S7qTrTDZct.jpg HRIS Software merupakan aplikasi yang memudahkan seorang Human Resource dalam tugasnya (Foto: Dok HRIS Software)

Perkembangan teknologi banyak mempengaruhi banyak hal termasuk munculnya HRIS software. Tahukah Anda apa itu software HRIS? Jika Anda berprofesi sebagai seorang HR (Human Resource), tentu tidak asing dengan nama software ini.

HRIS software merupakan aplikasi yang diluncurkan untuk memudahkan seorang HR dalam melakukan tugasnya. Mengapa bisa memudahkan? Karena semua kegiatan administrasi, perekrutan, payroll dan lain sebagainya sudah ada di program software tersebut dan berada dalam satu dashboard.

Ingin tahu penjelasan lengkapnya mengenai macam software HRIS dan manfaatnya bagi perusahaan? Simak Informasi secara lengkapnya di bawah ini.

Macam HRIS Software

Sebelum mengenal macamn dari software ini, Anda juga perlu mengetahui definisinya. Human resource information system merupakan aplikasi yang dapat digunakan dalam pengelolaan administrasi di perusahaan, sehingga memudahkan pengambil kebijakan dalam membuat keputusan.

HRIS software ini berbasis web dengan memanfaatkan cloud sebagai tempat penyimpanan datanya. Sehingga dalam mengakses software ini pengguna harus terhubung ke jaringan internet. Lalu untuk perangkatnya sendiri bisa melalui mobile ataupun PC. Berikut ini macam software HRIS.

Operasional HRIS

Pertama macam software HRIS yang perlu Anda ketahui yaitu opersional. Seperti namanya dapat terlihat bahwa jenis software ini yaitu mampu melakukan pengelolaan opersional dalam suatu perushahaan. Operasional yang dimaksud adalah mengelola administrasi kehadiran, pembayaran dan lain sebagainya.

1. Tactical HRIS

Berikutnya selain HRIS operasional, juga terdapat HRIS software tactical. Di dalam software jenis ini mempunyai kriteria didalamnya seperti informasi perekrutan, analisa pekerjaan, desain sistem informasi dan sistem trainer untuk karyawan.

Di software khusus tactial ini berguna dalam membantu HR menangani urusan perencanaan manpower, rekrutmen pegawai baru dan juga mengadakan pelatihan bagi karyawan untuk meningkatkan kemampuannya.

2. Strategic HRIS

Terakhir adalah HRIS strategic software yang memiliki tujuan untuk memudahkan dalam penyusunan strategi untuk menunjang produktivitas perusahaan. Biasanya di software ini sistem yang dibuat memuat informasi tentang perencanaan jangka pendek hingga panjang.

Tidak hanya itu saja, karena di strategic HRIS ini juga memuat informai vendor, mitra perusahaan dan juga performance review. Melalui data-data tersebut akan memudahkan dalam pengambilan keputusan dan perencanaan target perusahaan.

Keunggulan dari HRIS Software

Sudah mengenal macam macam dari software HRIS ini bukan sekarang? Sebuah aplikasi ini diluncurkan tentu sebagai bentuk untuk membantu kemudahan suatu pekerjaan. Kira-kira apa saja keunggulan software ini, simak ulasannya di bawah ini.

1. Efisien Waktu

Proses pengelolaan data perusahaan yang dilakukan melalui website dengan sistem membuat prosesnya hemat waktu. Karena dalam hal ini HR tidak perlu mengumpulkan satu persatu data yang diperlukan. Mengaksesnya pun bisa secara fleksibel asal ada perangkat yang terkoneksi internet

Hampir seluruh data tersimpan dalam satu tempat yaitu di cloud ini akhirnya bisa diakses kapan saja. Sistem penyimpanan terpusat ini memang dirancang untuk memudahkan penggunaannya. Adanya integrasi di satu software inilah yang meringankan pekerjaan seorang HR.

2. Menghindari Kesalahan Data

Seperti fakta di lapangan bahwa tugas dan tanggung jawab seorang HR ini banyak sekali. Selain berkaitan dengan data-data administrasi prekrutan, pelatihan juga harus melakukan evaluasi kinerja setiap bulannya.

Tidak hanya itu saja urusan pemberian gaji juga menjadi tanggung jawab HR. Beralihnya perusahaan menggunakan HRIS software tentu membuatnya bisa terhindar dari kesalahan data. Hal ini dikarenakan data-data yang masuk di sistem berdasarkan real time dan tidak bisa diubah secara sembarangan.

Apalagi sistem di dalam software ini sudah dirancang lengkap dan terintegrasi dengan sistem lainnya. Terdapat deteksi kesalahan yang ada di dalam software ini, sehingga jika terjadi kesalahan data akan muncul notifikasi pemberitahuan. Oleh karena itu data yang dioalah lebih akurat.

3. Mendorong Naiknya Produktivitas

Bagaimana cara HRIS software ini bisa membuat produktivitas perusahaan meningkat? Tentu bagi yang belum menggunakan software ini bertanya-tanya. Membahas masalah produktivitas tentu ini berkaitan dengan kinerja karyawan dalam perusahaan.

Karena ini software untuk HR maka produktivitas yang dapat meningkat tentu di divisi HR. Tugas dan beban kerja seorang HR yang berkaitan dengan administrasi menjadi lebih mudah diselesaikan dengan hasil akurasi tinggi.

Dampaknya adalah HR dapat fokus ke tugas lainnya seperti penyusunan strategi pelatihan bagi karyawan dan menyusun strategi dari segi perekrutan untuk memperoleh tenaga kerja kompeten. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak pada pruduktivitas lain di divisi lain dalam perusahaan.

4. Transparasi Data

Sistem pengelolaan online selain lebih flesksibel dalam mengaksesnya juga mendorong terciptanya transparasi data. Karena beberapa data yang berkaitan dengan durasi kerja dan jumlah gaji yang diterima dapat diakses juga oleh karyawan melalui perangkatnya masing-masing.

Transparasi data di HRIS software ini membuat kepercayaan karyawan menjadi tinggi terhadap perusahaan. Tentu hal ini akan berdampak pada semangat kerja dari karyawan tersebut. Belum lagi di software ini juga bisa menyampaikan informasi di dashboard nya sehingga semua bisa menerimanya.

5. Meminimalisir Pengeluaran

Mengapa menggunakan software HRIS ini perusahaan bisa lebih hemat? Bukan kah untuk mendapatkan software ini juga memerlukan biaya? Memang benar untuk mendapatkannya perusahaan perlu mengeluarkan sejumlah modal untuk membelinya.

Tetapi, dengan software ini pekerjaan yang dulunya memakan waktu lama bisa menjadi lebih singkat prosesnya. Kegiatan yang berkaitan dengan rekrutment dan juga payroll tidak memerlukan lagi dokumen fisik. Tentu ini bisa lebih hemat kertas dan pengeluaran bukan?

6. Pengontrolan Kinerja Lebih Mudah

Kontrol kinerja karyawan adalah bagian dari seorang HR di perusahaan. Pengontrolan ini tujannya adalah untuk mengevaluasi kinerja dan mengambil tindakan ketika ada hasil yang tidak sesuai kriteria. Apabila secara manual proses ini membutuhkan fokus dan ketelitian tinggi untuk mencocokan data.

Melalui HRIS software proses penilaian menjadi lebih mudah karena data sudah terkumpul di satu sistem. Apalagi di sistem HRIS juga didukung oleh key performance indikator. Jadi Anda tinggal melihat data tersebut berdasarkan nilai indikator yang telah dibuat sebelumnya.

Manfaat HRIS Software Untuk Karyawan

Kurang lebih keunggulan dari software HRIS seperti penjelasan di atas. Berikut ini Anda akan mengetahui manfaat software HRIS bagi karyawan.

1. Pengajuan Izin Lebih Simpel

Pada software tersebut juga dilengkapi dengan fitur pengajuan cuti maupun libur. Sehingga saat Anda ingin melakukan pengajuan bisa secara online dan tentu ini lebih praktis dan cepat.

Tidak hanya itu saja didalamnya juga ada tampilan rekapitulasi jumlah izin dan cuti yang sudah diambil. Sehingga tidak hanya dimudahkan dalam proses pengajuan, tetapi Anda juga bisa tahu informasi sisa cuti yang dapat diambil.

2. Proses Absensi Fleksibel

Sistem dalam software ini bekerja secara online, sehingga proses absensi yang dilakukan pun cukup dengan terkoneksi dan mengakses di perangkat masing-masing. Tidak ada lagi antrian panjang untuk keperluan absensi ini.

Selain itu fitur ini juga bisa sangat membantu apabila Anda harus bekerja secara remote atau ditugaskan ke luar kota. Karena sistem ini tetap dapat mencatat kehadiran tanpa harus datang ke kantor. Tentunya pastikan mempunyai jaringan data untuk menggunakannya.

3. Akses Informasi Mudah

Perusahaan yang menggunakan HRIS software juga membawa manfaat berdampak pada karyawannya. Manfaat itu adalah mudahnya akses informasi. Karena di dalam software tersebut ada bagian khusus yang berisi agenda perusahaan lengkap dengan tanggalnya.

Manfaat HRIS Software Bagi Perusahaan

Berikut ini adalah manfaat dari penggunaan software HRIS bagi perusahaan yang bisa Anda ketahui.

1. Integrasi Secara Otomatis antar Sistem

Manfaat pertama adalah mempermudah integrasi dari satu sistem ke sistem lainnya. Integrasi yang secara sistematis ini membuat HR lebih mudah dalam melakukan pengelolaan data perusahaan.

2. Pengorganisasian Data Cepat dan Mudah

Sistem yang terintegrasi membuat pengorganisasian data lebih mudah dilakukan. Karena data-data yang ter input akan masuk di bagiannya masing-masing sehingga untuk memprosesnya tidak perlu di pilah secara manual.

3. Keakuratan Pengelolaan Gaji

Perhitungan gaji yang memiliki banyak komponen dari masing-masing karyawan berbeda tentu bisa menyebabakan kesalahan saat perhitungan. Namun, dengan sistem HRIS yang terintegrasi dengan payroll kesalahan tersebut dapat dihindari.

Karena sistem mampu memproses perhitungan dengan akurat dan sekaligus melakukan transfer gaji ke karyawan. Proses transfer gajinya pun biasanya dibebaskan dari biaya administrasi dan tersedia banyak pilihan Bank.

4. Proses Rekapitulasi dan Penyimpanan Mudah

HRIS software juga mengguntungkan perusahaan dalam proses rekapitulasi data. Proses perekapan bisa secara otomatis tanpa perlu mencatat dan menyimpannya manual. Proses penyimpanan dokumen secara manual juga rentan terjadinya kehilangan saat dibutuhkan.

Oleh karena itu dengan software ini dibuat sistem penyimpanan terpusat cloud. Tujuannya yaitu mengamankan data dan memudahkan ketika dibutuhkan kembali.

HRIS Software Terbaik Indonesia

Tertarik untuk menggunakan software ini, namun bingung menentukan pilihan terbaik untuk perusahaan? Anda dapat melihat software HRIS terbaik di tautan HRIS software Pada laman tersebut Anda bisa memperoleh informasi mengenai fitur dan keunggulan programnya.

Masalah biaya pembelian software bisa Anda konsultasikan langsung di bagian marketing Talenta dengan mengklik tautan https://talenta.co Anda tidak perlu lagi ragu menjatuhkan pilihan ke HRIS software by Talenta.

Apakah Anda tahu bahwa e-commerce besar sekelas Shopee pun juga memakai software dari Talenta. Tidak hanya itu saja, klien yang pernah ditangani oleh Talenta ini antara lain Female Daily, Kokumo, Lion Parcel, Akulaku dan juga Gojek.

Penyedia software ini terbukti melayani klien nya dengan baik dengan jumlah 3500 lebih perusahaan percaya dengan software buatan Talenta. Tidak hanya fitur lengkap dan pelayanan yang ramah dan cekatan, masalah regulasinya pun juga baik.

Software buatan Talenta ini sudah terdaftar di Kominfo dan juga mempunyai sertifikasi ISO untuk menjamin keamanan customernya. Bagi Anda yang ragu namun ingin merasakan manfaat dari HRIS software ini, Talenta juga menawarkan fitur demo selama 14 hari.

Fitur tersebut dibuat khusus bagi Anda yang ingin mencoba, namun tidak ingin mengeluarkan biaya. Untuk mencoba fitur tersebut langsung saja buka Talenta by Mekari agar bisa akses coba gratis. Prosedur untuk mengikuti demo gratis ini juga tidak sulit.

Anda tinggal mengklik tautan tersebut, lalu mengisi halaman sesuai petunjuk yang diberikan. Setelah memastikan pengisian data tersebut benar, maka klik coba gratis. Bagaimana mudah sekali bukan. Informasi lebih lanjut bisa Anda konsultasikan dengan bagian marketing HRIS software Talenta.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini