Share

Robot Catur Bertenaga AI yang Berlaga Selama 15 Tahun Patahkan Jari Bocah

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 56 2635545 robot-catur-bertenaga-ai-yang-berlaga-selama-15-tahun-patahkan-jari-bocah-Q6IMSvJcvV.jpg Robot catur bertenaga AI yang berlaga selama 15 tahun patahkan jari bocah (Foto: Moscow Chess Federation)

JAKARTA - Robot catur telah mematahkan jari seorang bocah berusia 7 tahun. Peristiwa nahas tersebut terjadi di Moscow Chess Open, yang berlangsung di Moskow belum lama ini.

Disadur dari PC Gamer, Senin (25/7/2022), robot semula beroperasi dengan baik. Namun entah karena salah membaca situasi, robot justru bergerak sebelum sang anak selesai menaruh anak caturnya.

Pergerakan robot yang secara tiba-tiba ini membuat jari sang bocah patah. Orang tua bocah lantas mengajukan tuntutan kepada pihak penyelenggara karena dinilai telah melanggar aturan keselamatan.

"Robot itu mematahkan jari seorang anak. Ini, tentu saja, buruk. Robot itu kami sewa. Padahal telah dipamerkan di banyak tempat dan dalam waktu yang lama," kata presiden Federasi Catur Moskow, Sergey Lazarev.

"Namun rupanya, operator mengabaikannya. Anak itu baru saja melangkah, dan setelah itu kita perlu memberi waktu kepada robot untuk menjawab, tetapi bocah itu bergegas, kemudian robot itu menangkapnya," jelasnya.

Untuk diketahui, robot permainan catur itu menggunakan kecerdasan buatan untuk beroperasi. Robot dirancang sedemikian rupa agar bisa melawan manusia dalam permainan catur.

Bukan hanya melawan satu orang, robot mampu melawan beberapa orang sekaligus. Namun kali ini robot harus menelan korban, padahal robot telah bermain catur selama sekitar 15 tahun dan selama itu baik-baik saja.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini