Share

4 Tips Google Drive Supaya Mudah Cari File

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 57 2635667 4-tips-google-drive-supaya-mudah-cari-file-8MKmS0vo9s.jpg 4 tips Google Drive supaya mudah cari file (Foto: TechRepublic)

JAKARTA - Google Drive kini telah digunakan oleh banyak orang. Ini merupakan layanan penyimpanan data gratis dan bisa diakses oleh pengguna di seluruh dunia.

Bagi pengguna aktif Google Drive, penting untuk mengetahui bahwa ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar penggunaan layanan ini menjadi lebih efektif.

Lantas, seperti apa tipsnya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Membuat Folder

Sesuatu yang mutlak ketika menggunkan Google Drive maka perlu untuk membuat folder. Ini agar file yang tersimpan bisa lebih terorganisir sehingga ketika melakukan pencarian file bisa lebih mudah ditemukan.

Kategorikan folder berdasarkan kepentimgannya. Tata letak folder ini akam sangat memudahkan untuk mengetahui letak segala sesuatu di Drive tanpa harus memikirkannya.

2. Warnai Folder

Ini juga bisa dimanfaatkan agar memudahkan untuk mencari file. Kalian yang tengah mengerjakan suatu project bisa mewarnai folder untuk menandai pekerjaan sudah selesai atau belum.

Misalnya kalian bisa mewarnai project yang belum rampung dengan warna merah dan project yang sudah selesai dengan warna hijau. Untuk mewarnai folder ini aranya adalah dengan klik kanan folder di Google Drive dan pilih Change Color > COLOR.

3. Memanfaatkan fitur bintang

Selain mewarnai folder, untuk menandai folder penting juga bisa dilakukan dengan memberikan bintang. Jadi ketika ingin mencarinya hanya perlu masuk ke entri berbintang di navigasi kiri Google Drive.

Dengan melakukan ini tidak perlu membuang-buang waktu untuk mencari folder satu persatu. Sebab semua folder penting sudah dimasukan ke kategori folder berbintang.

4. Menggunakan pencarian lanjutan

Untuk melakukan pencarian file di Google Drive telah disediakan kolom pencarian. Namun kadangkala ini tidak efektif dan cendrung membuat bingung karena saking banyaknya file.

Kalau sudah begini langkah yang harus diambil adalah dengan mengklik tombol Advancedbyang ada di trpi kanan bilah pencarian. Dan ketika pop-up muncul mulailah mempersemput pencarian dengan memilih jenis file, pemilik, kata-kata di dalam file, nama file, lokasi, tanggal modifikasi, dan sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai empat tips Google Drive supaya mudah cari file, semoga bisa membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini