Share

Apa Itu Reels Instagram dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 57 2636002 apa-itu-reels-instagram-dan-bagaimana-cara-kerjanya-bMGbFTXd61.jpg Apa itu Reels Instagram dan bagaimana cara kerjanya? (Foto: Petapixel)

JAKARTA - Instagram salah satu media sosial yang hingga kini diminati oleh banyak orang dan semua kalangan. Awalnya, Instagram hanya bisa membagikan foto dan video saja, kini sudah berkembang dengan fitur video-centric yang disebut Reels.

Reels ini, menghadirkan format video bentuk pendek yang dapat ditemukan di aplikasi seluler Instagram dan fitur ini sangat mirip dengan TikTok. Pengguna juga bisa mengedit video dengan fitur ini.

Dilansir dari Pocket-lint.com, Senin (25/7/2022), berikut penjelasan Reels Instagram dan cara kerjanya.

Bagaimana cara kerja Reel Instagram?

Saat diluncurkan pertama kali, Instagram Reels memungkinkan Anda merekam dan mengedit klip video berdurasi 15 detik. Anda kemudian dapat menambahkan musik ke pembuatan video atau bahkan menggunakan audio dari video orang lain. TikTok telah menawarkan kedua kemampuan ini dan membantu mempopulerkan penggunaannya dalam konten musik bentuk pendek.

Namun, Reels bukanlah aplikasi terpisah, ini adalah bagian dari aplikasi inti Instagram, yang berarti Anda tidak perlu mengunduh apa pun untuk menggunakannya. Anda cukup meng-update Instagram versi terbaru.

Pada tahun-tahun sejak peluncuran aslinya, fitur Reels telah bermetamorfosis dan berubah sedikit dan kurang fokus pada pendeknya video. Reel dapat berdurasi hingga 90 detik, sambil tetap mempertahankan kemampuan untuk ditemukan di Explore tab.

Perubahan terbaru adalah bahwa semua konten video berdurasi hingga lima belas menit akan diunggah sebagai Reels by default menjadikannya format defacto untuk konsumsi video di platform.

Saat ini, Reels dan video di profil Instagram Anda jadi fitur yang sama. Sehingga Anda bisa membagikan Reels seperti video biasa atau foto di Instagram.

Di mana Reel Instagram tersedia?

Fitur Reels sekarang menjadi bagian integral dari aplikasi Instagram, sehingga tersedia di mana saja yang memiliki akses ke Instagram.

Apa itu Remix?

Remix adalah fitur pengeditan video yang memungkinkan Anda merekam respons terhadap Reels Instagram publik yang ada. Cara ini sebagai reaksi, respons, atau putaran Anda sendiri pada tren viral. Tambahan terbaru adalah kemampuan untuk membuat Remix dari postingan foto, juga, memperluas cakupan konten reaksi.

Fitur ini, seperti kebanyakan Reel, merupakan respons langsung terhadap popularitas TikTok. Remix sangat mirip dengan fungsi Duet TikTok.

Apa itu Dual?

Dual adalah fitur yang memungkinkan Anda merekam dengan kamera depan dan belakang ponsel secara bersamaan. Ini berarti Anda dapat menangkap sesuatu yang menarik, sambil merekam diri Anda sendiri saat Anda bereaksi terhadap situasi tersebut.

Hasilnya mirip dengan format yang dipopulerkan oleh streamer game, yang memiliki webcam di sudut dan gameplay yang mengambil sebagian besar layar,

Apa itu Template?

Jika Anda sedang mencari inspirasi, atau hanya butuh bantuan untuk mengedit bersama karya agung Anda berikutnya, Template bertujuan untuk membuatnya lebih mudah dari sebelumnya.

Template sudah dimuat sebelumnya dengan placeholder audio dan video, dan Anda cukup menukarnya dengan video dan pilihan audio Anda sendiri.

Untuk mengakses template, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk ikon kamera di tab Reels.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini