Share

Google Pixel 6a vs Pixel 6, Simak Perbandingan Spesifikasinya

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 57 2636063 google-pixel-6a-vs-pixel-6-simak-perbandingan-spesifikasinya-aglgcwsJBF.jpg Google Pixel 6a vs Pixel 6, simak perbandingan spesifikasinya (Foto: Stuff)

JAKARTA - Google Pixel 6 ternyata menjadi salah satu ponsel Pixel paling populer sepanjang masa, dengan penggemar yang menyukai desain, pengalaman fotografi, dan perangkat lunaknya yang bersih, dan ponsel ini masuk ke daftar ponsel cerdas terbaik.

Namun, satu masalah adalah bahwa itu adalah ponsel yang cukup mahal, dan itu adalah sesuatu yang harus dipecahkan oleh Google Pixel. Ponsel versi 6a ini adalah alternatif anggaran baru untuk model unggulan dengan harga lebih murah dibanding pendahulunya.

Jika Anda ingin membeli ponsel Android baru, Anda mungkin tertarik untuk membeli salah satu Pixel ini. Nah kali ini Okezone akan merangkum perbandingan ponsel Google Pixel 6a vs Pixel 6. Berikut ulasannya seperti dikutip dari TechRadar, Selasa (26/7/2022).

1. Harga Pixel 6a vs Pixel 6

Di atas kertas, Google Pixel 6a akan tampak sebagai ponsel yang lebih murah dari Pixel 6, dengan harga hanya $449 atau sekitar Rp6,7 juta. Sementara harga Pixel 6 adalah $599 atau sekitar Rp8,9 juta.

Namun, ingatlah bahwa ponsel yang lebih lama telah ada selama sembilan bulan lebih, dan telah mengalami beberapa pemotongan harga pada waktu itu. Bahkan, di wilayah tertentu, harga Pixel 6 telah turun di bawah harga 6a.

Jadi, carilah penawaran terbaik jika Anda membeli ponsel Pixel baru, karena mana yang lebih murah akan sedikit memengaruhi pendapat Anda tentangnya.

2. Desain Pixel 6a vs Pixel 6

Dari segi tampilan, Pixel 6a vs Pixel 6 memiliki desain yang sangat mirip. Namun Pixel 6a memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding Pixel 6.

Pixel 6a juga memiliki bagian belakang plastik, tidak sepertu 6 yang berbahan kaca, sehingga akan terasa lebih murah tetapi kemungkinan akan lebih tahan terhadap benturan.

Tidak ada ponsel yang memiliki jack audio 3,5 mm, dan keduanya menggunakan standar USB-C untuk pengisian daya dan transfer data.

Poin yang mendukung Pixel 6a adalah perangkat tersebut menggunakan versi yang lebih canggih karena memiliki pemindai sidik jari di layar Pixel 6, sehingga lebih cepat dan lebih dapat diandalkan untuk membuka kunci.

3. Layar Pixel 6a vs Pixel 6

Google Pixel 6 memiliki layar yang lebih besar daripada saudaranya, dengan panel 6,4 inci yang terlihat lebih besar dibandingkan dengan Pixel 6a yang berukuran 6,1 inci.

Di luar pendapat Anda tentang layar 'besar vs kecil', Pixel 6 memiliki tampilan yang superior. Ini memiliki resolusi yang sama, pada 1080 x 2400, tetapi kecepatan refresh 90Hz, bukan 60Hz, dan teknologi tampilan yang lebih canggih sehingga mendukung HDR10+.

Kedua tampilan ponsel dipecah dengan cut-out 'punch-hole' untuk kamera depan di bagian tengah atas panel.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

4. Kamera Pixel 6a vs Pixel 6

Google Pixel 6a dan Pixel 6 memiliki dua kamera yang sama. Kesamaan pertama adalah pada kamera selfie, dengan keduanya memiliki kamera 8MP f/2.0 yang bekerja dengan baik dalam pengujian kami, dan yang kedua adalah kamera ultra lebar 12MP f/2.2 dengan bidang pandang 114 derajat.

Perbedaan utama di sini adalah di kamera utama. Pixel 6 memiliki kamera utama 50MP f/1.9 beresolusi tinggi, 6a masih dengan unit 12.2MP f/1.7 yang sama dengan yang Google masukkan ke semua smartphone-nya selama beberapa tahun.

Pixel 6a dapat mengambil gambar yang cerah, tetapi tidak akan memiliki resolusi setinggi yang dimiliki pada Pixel 6.

Perangkat smartphone Google hebat dalam AI-nya, terutama dalam hal pengoptimalan pemandangan, dan dengan algoritme yang sama untuk mengoptimalkan gambar pada Pixel 6 dan Pixel 6a, hasilnya tidak jauh berbeda.

Pixel 6a juga memiliki banyak fitur kamera dibanding Pixel 6, terutama Magic Eraser yang memungkinkan Anda memilih elemen latar belakang yang tidak diinginkan dalam foto dan menghapusnya menggunakan AI.

5. Performa dan spesifikasi Pixel 6a vs Pixel 6

Ini adalah area lain yang sangat mudah untuk ditulis: ketiga anggota keluarga Google Pixel 6 memiliki chipset yang sama persis.

Itu adalah chip Tensor, yang dikembangkan oleh Google sendiri, dan trio handset ini menandai debutnya di ponsel yang siap untuk konsumen.

Dalam hal kekuatan kinerja, keduanya mengembalikan hasil kelas menengah atas dalam pengujian benchmark kami, tetapi keunggulannya yang sebenarnya adalah rangkaian kecerdasan AI yang difasilitasinya. Banyak dari ini ada di departemen kamera.

Dalam hal game, AI, dan proses intensif, Google Pixel 6a akan terasa hampir sama persis dengan Pixel 6, jadi Anda tidak dapat menggunakan ini sebagai cara untuk memutuskan model mana yang akan dibeli.

Kendati demikian, Pixel 6 standar memiliki keunggulan dalam hal RAM, karena Anda mendapatkan 8GB di dalamnya, sedangkan Pixel 6a memiliki 6GB.

Keduanya adalah ponsel 5G, jadi konektivitas Anda harus sama terlepas dari model mana yang Anda pilih.

Kedua ponsel ini memiliki kapasitas memori 128GB, tapi hanya Pixel 6 yang juga dilengkapi dengan 256GB.

6. Perangkat lunak Pixel 6a vs Pixel 6

Kedua ponsel menjalankan Android 12 Google membuat Android, dan versi stok persis seperti yang diinginkan perusahaan (banyak pembuat ponsel mengubah Android dalam beberapa cara untuk menciptakan pengalaman yang berbeda).

7. Google Pixel 6

Stok Android sangat bersih, tanpa bloatware dan hanya aplikasi Google sendiri yang sudah diinstal sebelumnya seperti Pay, Maps, dan Play Store.

Ponsel Pixel sering dianggap sebagai lambang pengalaman Android, dan itulah yang terjadi di sini, dengan fitur-fitur utama hadir dan diperhitungkan. Yang besar adalah Material You, yang memungkinkan Anda mengubah banyak elemen desain perangkat lunak tergantung pada wallpaper Anda.

8. Masa pakai baterai Pixel 6a vs Pixel 6

Sayangnya, kedua ponsel Pixel tidak memiliki cukup kesamaan dalam hal daya tahan baterai. Pixel inu memiliki kapasitas baterai 4.614mAh Pixel 6 dan 4.410mAh untuk Pixe 6a.

Untuk kecepatan pengisiian daya, Pixel 6a memiliki 18W, yang membutuhkan hampir dua jam untuk mengisi daya hingga penuh. Dibandingkan dengan Pixrl 6 yang memiliki daya 30W, yang mencapai 80% setelah satu jam pengisian daya, dan handset itu juga mendapatkan pengisian nirkabel 21W dan pembagian daya nirkabel juga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini