Share

Waspada Modus Scam Link Palsu, Begini Cara Menghindarinya

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 54 2636664 waspada-modus-scam-link-palsu-begini-cara-menghindarinya-ypp4hawcr7.jpg Waspada modus scam link palsu, begini cara menghindarinya (Foto: Kaspersky)

JAKARTA - Belakangan ini, modus serangan siber semakin beragam, tidak terkecuali scam. Modusnya kerap menggunakan link palsu dan kian marak terjadi. Tetapi, bukan hal mustahil untuk menghindarinya.

DIlansir dari akun Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa (26/7/2022), kejahatan scam sering menargetkan para pengguna internet yang suka mengakses situs tidak kredibel.

Biasanya, para penjahat ini akan menggunakan media broadcast message abal dan membuat korbannya ingin membuka link tersebut, atau ketika sedang membuka website serta iklan di media sosial tertentu yang membuat penasaran.

Namun, bukan berarti semua situs itu berbahaya dan patut dicurigai. Masih banyak situs yang aman untuk dikunjungi. Walaupun demikian para pengguna internet tetap waspada.

Lalu, pertanyaannya apakah ada cara untuk mencegah dari kejahatan scam? Apabila ada, bagaimana cara mencegahnya? Simak jawaban dibawah ini.

Kejahatan scam masih bisa dihindari dan mungkin cara dibawah ini mampu menjawab rasa penasaran. Adapun tips untuk para pengguna agar terhindar dari modus kejahatan semacam ini.

1. Cek URL

Mungkin hal ini belum banyak diketahui, namun apabila ingin mengakses situs, pastikan situs tersebut menggunakan tag HTTPS atau (Hypertext Transfer Protocol Secure).

HTTPS sendiri bisa dikatakan lebih aman daripada situs yang menggunakan tag HTTP. Biasanya pula, situs yang aman cenderung menggunakan ikon gembok atau tedapat keterangan “Connection is secured."

2. Cek Iklan dan Penulisannya

Salah satu yang menjadi ciri khas dari situs yang tidak aman atau abal-abal adalah iklan yang terlalu banyak dan juga susunan kalimatnya terkesan berantakan.

Biasanya terdapat pada situs-situs yang berisi film bajakan, modus menang berhadiah dan banyak hal lainnya.

3. Cek situs di Google Transparency Report

Untuk lebih meyakinkan, para pengguna bisa mengakses dengan menggunakan validasi link, salah satu fitur yang disediakan oleh Google Transparency Report. Berikut ini cara menggunakannya:

- Kunjungi https://transparancyreport.google.com/safe-browsing/search

- Salin alamat situs ke kolom “check site status”

- Klik ikon kaca pembesar

- Setelahnya akan muncul status dari website tersebut. Jika situs tersebut dikatakan aman, maka akan ada notifikasi “no unsafe conteng found”.

Demikian pembahasan tentang modus scam link palsu dan cara menghindarinya, semoga bisa membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini