Share

4 Misteri Lautan Selain Segitiga Bermuda yang Jarang Diketahui

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 56 2636260 4-misteri-lautan-selain-segitiga-bermuda-yang-jarang-diketahui-FeoyzCLjpw.jpg 4 misteri lautan selain Segitiga Bermuda yang jarang diketahui (Foto: Tech Explorist)

JAKARTA - Segitiga Bermuda merupakan tempat yang dianggap paling misterius yang ada di dunia. Lantaran, banyak kejadian aneh yang terjadi di tempat itu. Mulai dari hilangnya kapal hingga pesawat secara misterius.

Banyak teori yang bermunculan, mulai dari besarnya medan magnetik hingga adanya makhluk mitologi yang dikenal dengan Kraken.

Rupanya, tempat misterius tidak hanya di Segitiga Bermuda saja. Ada tempat-tempat lain yang mungkin jarang diketahui di belahan dunia.

Inilah misteri lautan selain Segitiga Bermuda, sebagaimana diolah dari YouTube iNews Variety Show, Selasa (26/7/2022), simak berikut ini.

1. Laut Tanjung Harapan - Afrika Selatan

Laut Tanjung Bebatuan terletak di Samudera Atlantik. Tanjung harapan juga dikenal sebagai Tanjung Badai yang sudah menenggelamkan banyak kapal besar.

Ilmuwan beranggapan di perairan ini sering terjadi gelombang raksasa yang mencapai 30 meter. Gelombang tersebut, datang tiba-tiba tanpa diprediksi sehingga menambah catatan misteri lautan di Afrika Selatan.

2. Pulau Sagori - Sulawesi Tenggara

Pulau ini jadi destinasi yang disukai oleh masyarakat Sulawesi Tenggara. Bahkan banyak wisatawan yang berlibur ke tempat itu. Tetapi, dibalik indahnya Pulau Sagori, terdapat misteri karena banyak kapal karam.

Menurut tokoh masyarakat setempat setiap dua tahun perairan di kawasan perairan ini menelan korban, entah itu kapal yang tenggelam, pesawat atau orang yang tersapu gulungan ombak.

Perairan disebut juga disebut sebagai segitiga bermuda di Kabaena dan menjadi kuburan bagi kapal-kapal yang berlayar mendekati pulau.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

3. Pusaran Air di Norwegia

Pusaran air di Norwegia ini terkenal karena memiliki pusaran yang terjadi dua kali sehari dari pusaran lebih rendah puluhan meter dari permukaan air laut. Kekurannya pun mencapai puluhan kali lipat dari biasanya.

Anehnya pusaran berubah arah berlawanan setiap tiga sampai empat bulan. Pusaran tersebut berputar berlawanan arah jarum jam di belahan bumi utara dan searah jarum jam di bagian bumi selatan. Peristiwa ini dikenal dengan nama maelstrom, yaitu air yang berputar kuat dan besar.

4. Perairan Masalembo di Sulawesi Selatan

Yang terakhir ada Perairan Masalembo di Sulawesi Selatan. Kawasan ini merupakan tempat dimana pesawat Adam Air secara hilang secara misterius pada 1 januari 2007.

Kawasan ini juga pernah menelan tiga buah pesawat yang menghilang secara misterius pada tahun 1961 dan konon keberadaannya belum ditemukan.

Sebuah teori mengumumkan bahwa fenomena ini seperti segitiga bermuda yang terjadi karena adanya kantung udara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini