Share

Perpanjangan Waktu Daftar PSE Hampir Habis, Opera, LinkedIn, dan Alibaba Belum Terdaftar

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 54 2637350 perpanjangan-waktu-daftar-pse-hampir-habis-opera-linkedin-dan-alibaba-belum-terdaftar-MzaJOCvZmX.jpg Perpanjangan waktu daftar PSE hampir habis, Opera, LinkedIn, dan Alibaba belum terdaftar (Foto: Tracktec)

JAKARTA - Sederet platform asing terpantau belum juga mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Platform tersebut masih bisa diakses dengan bebas oleh masyarakat.

Berdasarkan penelusuran MNC Portal Indoensia, Rabu (27/7/2022), sederet platform asing yang belum mendaftar seperti Opera, LinkedIn, Alibaba, Amazon, Paypal masih bisa diakses tanpa kendala.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan akan melakukan pemblokiran jika surat teguran yang dilayangkan tidak juga diindahkan.

Untuk diketahui, Kominfo sendiri semula memberikan tenggat waktu pendaftaran pada tanggal 20 Juli 2022. Kemudian hingga jatuh tempo masih banyak platform yang belum mendaftar.

Lalu sehari setelahnya, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangarepan mengatakan, pihaknya telah mengirim surat teguran dan memberikan perpanjangan waktu hingga 5 hari.

"Sekarang sedang kita siapkan surat peringatan lalu diproses selama lima hari kerja. Surat peringatan ini untuk segera melengkapi. Kalau tidak dilakukan, maka proses pemblokiran akan berjalan," katanya dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Jika mengacu pada pernyataan Kominfo tersebut, seharusnya saat ini hingga pukul 23.59 WIB sudah dilangsungkan pemblokiran. Tetapi, sampai sekarang belum ada tanda-tanda platform asing tersebut akan ditendang.

Tidak diketahui, apa alasan sederet platform tersebut belum juga mendaftar dan tidak jelas juga kenapa hingga saat ini Kominfo belum memberikan keterangan.

Kominfo sendiri, sejak jauh-jauh hari sudah menegaskan bahwa setiap PSE baik lokal maupun asing wajib melakukan pendaftaran PSE Privat paling lambat tanggal 20 Juli 2022 sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang PSE Lingkup Privat.

Kominfo menyebut setiap PSE ini diwajibkan mendaftar untuk mewujudkan penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik yang andal, aman, terpercaya dan bertanggung jawab.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini