Share

Roket China Jatuh ke Bumi, Titik Pendaratan Tak Bisa Diprediksi

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 56 2637077 roket-china-jatuh-ke-bumi-titik-pendaratan-tak-bisa-diprediksi-hCq9olp3l5.jpg Roket China jatuh ke Bumi, titik pendaratan tak bisa diprediksi (Foto: CGTN)

JAKARTA - Roket buatan China kembali terjun bebas ke arah Bumi, karena tidak terkendali, hingga saat ini belum diketahui titik jatuhnya di mana.

Dilansir dari Independent, Rabu (27/7/2022), para ilmuwan belum dapat memprediksi di mana roket ini akan mendarat. Ini merupakan kejadian ketiga kalinya dalam beberapa tahun yang melibatkan roket China.

Roket seberat 21 ton tersebut, berhasil dilacak oleh Jonathan McDowell, seorang Astrofisika dari Harvard-Smithsonian Center of Astrophysics.

McDowell berpendapat, rata-rata peluncuran roket yang dilakukan Amerika Serikat (AS) bisa dikatakan lebih baik daripada China.

“Sayangnya kami tidak dapat memprediksi kapan atau di mana (titik jatuh roket). Roket sebesar itu, seharusnya tidak diperbolehkan dibiarkan di orbit untuk masuk secara tidak terkendali," ujar dia.

"Mungkin risiko bagi publik tidak terlalu besar, tetapi cukup membuat tidak nyaman,” tambahnya.

Namun, baik pihak militer AS, Angkatan Antariksa AS, ataupun pihak berwajib lainnya belum mengeluarkan peringatan secara resmi mengenai hal ini.

Kemungkinan, puing-puingnya akan mendarat pada orang atau properti rendah.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini