Share

Instagram Dituntut Karena Sebabkan Gangguan Makan dan Kesehatan Mental Anak

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 57 2637030 instagram-dituntut-karena-sebabkan-gangguan-makan-dan-kesehatan-mental-anak-xkIB2RK9Mo.jpg Instagram dituntut karena sebabkan gangguan makan dan kesehatan mental anak (Foto: AFP)

JAKARTA - Instagram menghadapi tuntutan hukum, kali ini diseret ke meja hijau karena dinilai telah menyebabkan gangguan makan dan masalah kesehatan mental pada remaja.

Dilansir dari Metro, Rabu (27/7/2022), tuntutan dilayangkan oleh keluarga dua gadis yang diwakilkan oleh Laura Marquez-Garrett dari Pusat Hukum Korban Media Sosial.

Mereka mengajukan tuntutan hukum yang menuding bahwa Instagram menyebabkan kedua gadis itu menjadi kecanduan layanan dan mengembangkan depresi, kecemasan, dan anoreksia.

Dalam tuntutan dikatakan, algoritma Instagram mendorong gangguan makan dengan menunjukkan gambar model yang sangat kurus dan konten yang terkait dengan olahraga ekstrem.

Konten juga disebut telah mendorong gadis untuk mencoba bunuh diri dan dirawat di rumah sakit beberapa kali. Salah satu dari mereka kadang-kadang harus memiliki selang makanan karena dia tidak mau makan.

Gugatan tersebut, mengklaim Instagram sebenarnya mengetahui bahwa beberapa orang menjadi kecanduan layanan dan kalangan remaja sangat rentan, tetapi tidak ada tindakan.

Mereka juga mengatakan, perusahaan gagal memverifikasi usia pengguna, mengizinkan kedua gadis itu untuk bergabung ketika mereka baru berusia 12 tahun meskipun usia minimumnya adalah 13 tahun.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Raksasa teknologi itu, juga dituduh gagal melindungi anak di bawah umur dari pesan seksual dengan algoritme yang merekomendasikan 'teman' yang sebenarnya adalah pengguna Instagram dewasa.

Parahnya lagi, rekomendasi teman ini menuju pada mereka yang menderita masalah kesehatan mental atau menggunakan produk Instagram untuk menemukan dan mengeksploitasi gadis-gadis muda.

Untuk diketahui, tuntutan tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian tuntutan hukum yang menghubungkan media sosial Instagram dengan masalah kesehatan mental pada anak-anak.

Setidaknya ada sembilan tuntutan hukum lainnya telah diajukan terhadap Instagram dan induknya, Meta, dengan tuduhan membahayakan kesehatan mental anak di bawah umur.

Salah satunya, menyebut perusahaan berkontribusi pada bunuh diri seorang gadis berusia 11 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini