Share

Mark Zuckerberg Nilai Meta Rival Kuat Apple dalam Membangun Metaverse

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 54 2637897 mark-zuckerberg-nilai-meta-rival-kuat-apple-dalam-membangun-metaverse-bs1BDqocKu.jpg Mark Zuckerberg nilai Meta rival kuat Apple dalam membangun metaverse (Foto: News Text Area)

JAKARTA - CEO Meta, Mark Zuckerberg, percaya bahwa perusahaannya dan Apple saat ini sedang berada dalam kompetisi yang sangat mendalam untuk membangun metaverse.

Dikutip dari The Verge, Kamis (28/7/2022), hal ini menunjukan jika kedua raksasa teknologi tersebut siap untuk bersaing secara ketat dalam sektor tersebut.

Baru-baru ini, Zuckerberg mengatakan kepada para karyawannya, jika Meta bersaing dengan Apple untuk menentukan ke arah mana internet harus masuk.

Dia mengatakan, Meta akan memposisikan dirinya sebagai alternatif yang lebih terbuka dan lebih murah dari Apple.

"Ini adalah kompetisi filosofi dan ide, di mana mereka percaya diri melakukan semuanya sendiri dan mengintegrasikannya, mereka membangun pengalaman konsumen yang lebih baik," kata Zuckerberg.

"Dan kami percaya bahwa ada banyak yang harus dilakukan dalam spesialisasi di berbagai perusahaan, dan itu akan memungkinkan ekosistem yang jauh lebih besar untuk eksis," tambahnya.

Sejak mengubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta, Zuckerberg memang terus mendorong konsep interoperabilitas untuk metaverse.

Meta baru-baru ini bahkan membantu mendirikan Metaverse Open Standards Group dengan Microsoft, Epic Games, dan lainnya.

Idenya adalah untuk memacu pembuatan protokol terbuka yang akan memungkinkan orang dengan mudah bergerak melalui dunia 3D masa depan yang imersif.

Dan ujungnya, yakniu untuk meningkatkan penjualan perangkat keras augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Meta sendiri, berencana untuk merilis perangkat AR dan VR akhir tahun ini, dengan nama kode Cambria, dan juga menyiapkan kacamata AR pertama.

Sementara Apple, masih malu-malu untuk mengungkap produknya meskipun bocorannya sudah beredar.

Dilaporkan, perangkat AR dan VR Meta kemungkinan besar akan menggunakan Android sebagai sistem operasinya (OS), sedangkan Apple jelas akan menggunakan iOS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini