Share

Integrasi QRIS Lintas Asia Mau Diwujudkan, Termasuk Indonesia

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 54 2638888 integrasi-qris-lintas-asia-mau-diwujudkan-termasuk-indonesia-HA1Ga1kmQI.jpg Integrasi QRIS lintas Asia mau diwujudkan, termasuk Indonesia (Foto: TechCrunch)

JAKARTA - Integrasi Sistem pembayaran QRIS lintas negara Asia Tenggara dikabarkan akan diwujudkan. Rencana ini, digadang-gadang akan terealisasi pada November 2022 mendatang.

Disadur dari laporan Seasia, Sabtu (30/7/2022), setidaknya ada lima negara yang akan mengintegrasikan sistem pembayaran QRIS. Mereka adalah Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Bank sentral dari lima negara Asia Tenggara tersebut, dilaporkan telah sepakat dengan rencana ini.

Adapun tujuannya adalah untuk menyediakan transaksi tanpa batas bagi para pelancong di kawasan tersebut.

"Kemitraan ini akan memungkinkan orang untuk melakukan pembelian dengan menggunakan aplikasi negara pemenang mereka alih-alih aplikasi lokal untuk melakukan pembayaran kode QR," tulis laporan itu.

Diketahui, saat ini integrasi sistem pembayaran QRIS hanya berlaku untuk tiga negara Asia Tenggara saja, yakni Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Pada saat yang sama, Singapura dan Malaysia memiliki kesepakatan yang telah ditandatangani sebelumnya untuk menghubungkan PayNow dan DuitNow pada akhir tahun 2022.

Sementara Filipina memiliki kesepakatan lintas batas yang serupa dengan Singapura sejak tahun 2021, dengan rencana untuk memperluas kerjasama dengan Malaysia dan Thailand.

Pembayaran kode QR yang dilakukan melalui sistem lintas batas berbasis ASEAN akan menggunakan penyelesaian mata uang lokal antar negara alih-alih menggunakan USD.

Ini memungkinkan klien membayar lebih sedikit dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Laporan ini pun mendapat beragam respon dari netizen khususnya di media sosial Twitter. Tidak sedikit yang mendukung rencana ini namun ada juga yang masih ragu keefektifannya.

"Mantap dan praktis. Cukup satu alat pembayaran," kata seorang netizen.

"Bikin QRIS masih lama prosesnya harus nunggu 2 minggu, kami yang usaha kelamaan nunggunya," sahut yang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini