Share

Google Ungkap Berbagai Fitur di ChromeOS Terbaru

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 57 2638892 google-ungkap-berbagai-fitur-di-chromeos-terbaru-KPSR7taixq.jpg Google ungkap berbagai fitur di ChromeOS terbaru (Foto: Google)

JAKARTA - Google telah memberikan rincian tentang pembaruan untuk sistem operasi (OS) ChromeOS. OS berbasis cloud tersebut, kini dikalim lebih cepat.

Tidak hanya itu, pembaruan ChromeOS juga membawa berbagai fitur baru untuk meningkatkan produktifitas. Antara lain, editor PDF bawaan, editor film Foto Google, dan banyak lagi.

Dikutip dari BGR, Sabtu (30/7/2022), dengan pembaruan ini, ChromeOS yang sebelumnya lebih mirip dengan Android dibanding Microsoft mulai berubah.

Perubahan terbesar yang akan tiba dalam beberapa bulan mendatang adalah editor PDF. Seperti diketahui, mengedit PDF merupakan hal yang umum untuk pelajar dan pekerja.

Dengan kemampuan mengedit PDF di Google ChromeOS, para pengguna kini tidak perlu lagi repot-repot menggunakan aplikasi pihak ketiga. Apalagi PDF yang dihadirkan berbasis Cloud.

Selain editor PDF, Google juga menghadirkan lebih banyak opsi penyesuaian ke ChromeOS. Ini akan memungkinkan pengguna mempersonalisasi komputer dari dalam ke luar.

Pengguna dapat mengatur wallpaper menggunakan salah satu album foto di Google dan bahkan memperbaruinya ke foto baru setiap hari. Ada lebih banyak penyesuaian yang dihadirkan.

Pembaruan juga berpengaruh pada Documents, Google Foto, dan aplikasi Google lainnya. Dalam beberapa bulan mendatang, Google berencana untuk memperbarui beberapa aplikasi, termasuk Google Foto.

Editor film lengkap adalah tambahan besar yang hadir di Google Foto di pembaruan ChromeOS mendatang. UI dapat berubah saat ini, tetapi sejauh ini terlihat menjanjikan dan mudah digunakan.

Editor akan memungkinkan pengguna untuk membuat film end-to-end menggunakan klip, foto, kartu judul, dan bahkan musik. Google mengatakan itu akan membantu membuat film berkualitas tinggi hanya dengan beberapa sentuhan.

Sayangnya, Google belum mengatakan secara pasti kapan pembaruan ChromeOS ini diharapkan, tetapi akan terus membagikan pembaruan sepanjang musim panas.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini