Share

Kominfo Resmi Blokir Steam hingga Origin, Tagar #BlokirKominfo Menggema di Twitter

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 54 2639024 kominfo-resmi-blokir-steam-hingga-origin-tagar-blokirkominfo-menggema-di-twitter-yGHf5nStnp.jpg Tagar blokir Kominfo menggema di Twitter (Foto: Seattletimes)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir sejumlah platform yang belum mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik P(PSE) Lingkup Privat, Sabtu (30/7/2022).

Ada beberapa platform yang diblokir Kominfo, termasuk juga platform asing yang memiliki jumlah pengguna besar seperti Steam, Dota, Counter Strike, Epic Games, dan juga Origin.

Dengan pemblokiran yang dilakukan oleh Kominfo ini, masyarakat Indonesia tidak bisa lagi mengakses platform tersebut hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Pemblokiran akan terus berlangsung hingga Steam tunduk dengan kebijakan mendaftar.

Steam

Akibatnya, #BlokirKominfo pun menggema di media sosial Twitter. Bahkan tagar itu berhasil memuncaki jajaran trending topik dengan lebih dari 20 ribu cuitan telah dilontarkan.

Blokir Kominfo

"@kemkominfo kalian blokir platform game = memberhentikan pertumbuhan esport. Kalian blokir platform pembayaran paypal = menyusahkan para freelancer menerima pembayaran dari luar negeri. Sekalian aja internet di stop bos #BlokirKominfo," kata seorang netizen.

"Mmblokir tapi gak ngasih solusi. Hebat!!!!! hebat!!!!! Paypal seharusnya jadi rejeki buat kaum milenial supaya bisa ditransfer ke bank lokal, eh diblokir. Hebat!!! hebat!!!! main solitare ajalah #BlokirKominfo #kominfo @kemkominfo," sahut netizen lain.

"Makasih loh.. kita jadi balik ke jmn batu! #kominfo #BlokirKominfo," ungkap salah satu netizen.

BACA JUGA : Stream Resmi Diblokir Kominfo, Netizen Menjerit

Hingga saat ini tidak diketahui apa alasan sederet platform tersebut belum juga mendaftar. Yang jelas para pengguna sudah mulai menjerit.

BACA JUGA : Heboh Permenkominfo 5/2020, Kominfo Bisa Intip Percakapan di WhatsApp?

Untuk diketahui, Kominfo sendiri semula memberikan tenggat waktu pendaftaran pada tanggal 20 Juli 2022. Kemudian hingga jatuh tempo masih banyak platform yang belum mendaftar.

Lalu sehari setelahnya, para PSE dikirim surat teguran dan diberikan perpanjangan waktu hingga 5 hari kerja. Pemblokiran akhirnya dilakukan pada tengah malam tadi seperti yang telah ditegaskan.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini