Share

Daftar 6 PSE yang Diblokir Kominfo, Hampir Semua Situs Games

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 54 2639922 daftar-6-pse-yang-diblokir-kominfo-hampir-semua-situs-games-QXn9DDGmSu.jpg Ilustrasi Situs Games. (Foto: Shutterstock)

AKHIR pekan kemarin netizen memang dihebohkan dengan masalah pemblokiran sejumlah situs dan aplikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Situs-situs tersebut merupakan situs asing yang cukup banyak digunakan oleh netizen Indonesia.

Kemenkominfo memang memblokir sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) asing yang tak kunjung mendaftartarkan platform mereka. Pemblokiran itu sudah mulai berlaku sejak Sabtu 30 Juli 2022.

Menurut pantauan MNC Portal Indonesia, Senin 1 Agustus 2022, masih ada enam platform digital yang masih belum terdaftar dan masuk kategori terblokir. Daftar PSE tersebut mencangkup game online hingga situs layanan internet.

Game online

Berikut daftar 6 PSE yang masih diblokir Kominfo per 1 Agustus 2022:

Yahoo

Epic Games

Steam

Dota - Dota2

Counter Strike - CSGO

Origin

Meski sudah terblokir, enam situs tersebut masih bisa diakses di sejumlah ISP, khususnya kayanan fixed broadhand. Namun enam aplikasi itu sudah benar-benar tak bisa diakses saat menggunakan koneksi seluler seperti Telkomsel dan XL Axiata.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

Sebelumnya, Dirjen Aplikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan sudah menghubungi pihak platform Dota 2 dan Steam cs. Samuel menjelaskan pihak mereka akan segera mengurus proses pendaftaran itu.

“Kami sudah berhasil ngontak Dota 2 dan Steam CS, mereka sedang memproses semoga dalam waktu dekat bisa segera menggunakan kembali,” kata Samuel, Minggu 31 Juli 2022.

Sayangnya, hingga kini proses pendaftaran itu masih nihil. Termasuk platform PayPal yang juga belum terdaftar, tapi masih dibuka agar warganet bisa segera melakukan migrasi dana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini