Share

Kominfo: 7 PSE Diblokir dan 53 Ditunda Pendaftarannya

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 54 2640473 kominfo-7-pse-diblokir-dan-53-ditunda-pendaftarannya-lc2NwF6If0.jpg Kementrian Kominfo (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mengevaluasi dengan serius PSE Lingkup Privat yang belum melakukan pendaftaran, ataupun yang sudah mendaftar namun tidak memenuhi persyaratan yang berlaku.

"Ada 53 yang kami suspend pendaftarannya karena memang data-datanya tidak valid, dan tidak mengisi dengan benar. Yang diputus aksesnya kami konfirmasi ada 7 (tujuh)", jelas Dirjen Aptika Kementerian Kominfo dikutip MNC Portal Indonesia dari siaran resmi, Selasa (2/8/2022).

Tercatat 7 PSE yang diputus akses yaitu Paypal, Steam, Dota, CS Go, Yahoo, Origin.com dan epicGames. Sejak sebelum batas waktu pendaftaran sampai saat ini, Kominfo masih melakukan berbagai upaya untuk dapat menghubungi para PSE tersebut.

Aplikasi Steam 

Mengenai pemutusan akses Paypal, terhitung Minggu 31 Juli 2022 pada pukul 08.00 WIB, Kominfo telah melakukan normalisasi akses sementara. Ini ditujukan agar masyarakat dapat memindahkan aset yang dimiliki ke platform lain yang tersedia.

"Saya harapkan masyarakat benar-benar memanfaatkan waktu yang kami berikan, dari Pemerintah, 5 hari kerja untuk melakukan migrasi,” jelas Dirjen Semuel.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

Normalisasi ini akan diterapkan sampai dengan tanggal 5 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB. Secara bersamaan, Kominfo berupaya menghubungi pihak Paypal dan menunggu proses pendaftaran perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut.

Sedangkan dalam upaya komunikasi dengan Steam, Dota dan CS GO, Kementerian Kominfo telah mendapatkan respon dan tengah berkomunikasi lebih lanjut.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, mereka sudah bisa melengkapi (pendaftaran) dan masyarakat yang menggunakan layanan game ini bisa segera menggunakan kembali," kata Samuel.

Kominfo optimis bahwa ketiga perusahaan gim tersebut akan segera memenuhi kewajibannya, dan bersamaan dengan pemenuhan kewajiban itu, akan segera dilakukan normalisasi.

Sementara itu, Samuel mengatakan sudah ada 9.039 Sistem Elektronik yang telah terdaftar pada Minggu 31 Juli 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini