Share

Sempat Diblokir, Kominfo Pastikan Yahoo hingga Steam Bisa Kembali Diakses

Kemas Irawan Nurrachman, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 54 2640592 sempat-diblokir-kominfo-pastikan-yahoo-hingga-steam-bisa-kembali-diakses-LChFLav4eZ.jpg Aplikasi Steam (Foto: Dok Steam)

JAKARTA - Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) memastikan empat Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang sebelumnya diblokir, kini sudah bisa diakses. PSE tersebut bisa diakses mulai hari ini.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, keempat PSE tersebut yakni Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA).

"Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini," kata Semuel Abrijani dalam siaran persnya, Selasa (2/8/2022).

Aplikasi Steam

BACA JUGA:Steam, Dota, dan CS GO Mulai Urus Pendaftaran PSE ke Kominfo

BACA JUGA:Kominfo: 7 PSE Diblokir dan 53 Ditunda Pendaftarannya 

Ini dilakukan setelah Kominfo berhasil melakukan komunikasi terhadap para pengelola PSE tersebut. "Kementerian Kominfo telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA). Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut," tutupnya.

Sebelumnya, Kominfo memblokir tujuh PSE karena hingga batas waktu Jumat, 29 Juli pukul 23.59 belum mendaftar. Terhitung Sabtu, 30 Juli 2022 praktis seluruh platform tersebut tidak bisa diakses di Indonesia.

Tujuh PSE yang diblokir tersebut yakni Paypal, Steam, Dota, CS Go, Yahoo, Origin.com dan epicGames. Belakangan, Kominfo memberikan kelonggaran kepada PayPal untuk tetap bisa diakses.

"Proses pembukaan sudah dilakukan dan akan bisa diakses kembali. Kami berikan waktu 5 hari kerja, jadi jika Jumat besok (5 Agustus) belum juga melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) maka PayPal akan diblokir kembali," katanya saat jumpa pers.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini