Share

Penyebab Bocah SD Tewas di Ciamis saat Main HP, Baca Ini!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu 06 Agustus 2022 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 06 57 2643152 penyebab-bocah-sd-tewas-di-ciamis-saat-main-hp-baca-ini-HCSzjORn0t.jpg HP meledak saat dicas (Foto: Inews)

HP yang meledak saat dicas menjadi penyebab bocah SD tewas di Ciamis. Peristiwa nahas itu menimpa HM, bocah berusia 9 tahun di Dusun Bojongjaya, Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.

Bocah tersebut meninggal akibat handphone (hp) yang sedang dicas dan dipakai, tiba-tiba meledak. Kejadian itu terjadi pada Rabu (3/8/2022), sekitar pukul 14.00 WIB.

ย HP meledak

Ledakan tersebut menyebabkan korban mengalami luka bakar di bagian dada dan leher. โ€œKalau dilihat dari tubuhnya ada bekas luka bakar disinyalir karena HP meledak dan baterainya keluar. Bukan dari aliran listrik,โ€ kata Kepala Desa Kiarapayung, Dedi.

Seperti diketahui, HP yang meledak saat dicas menjadi penyebab bocah SD tewas di Ciamis. Meskipun kemungkinannya kecil, tetapi HP memang bisa meledak dan itu tentu berbahaya bagi penggunanya.

Melansir dari PC Mag, Sabtu (6/8/2022), memang ada banyak alasan mengapa HP dapat terbakar atau meledak. Kejadian tersebut hampir selalu berkaitan dengan baterai perangkat.

Perlu diketahui, HP ditenagai oleh baterai lithium-ion, yang mengandung keseimbangan elektroda positif dan negatif. Ketika terjadi kesalahan, komponen bagian dalam baterai dapat rusak dan menimbulkan reaksi volatil yang dapat menyebabkan kebakaran, bahkan ledakan.

Kejadian ini dapat terjadi karena berbagai alasan, tetapi masalah yang paling umum adalah suhu panas berlebihan. Jika baterai yang sedang diisi atau prosesor

ย BACA JUGA:Berapa Besar Kemungkinan Baterai Ponsel Meledak?

bekerja terlalu keras, HP menjadi terlalu panas dan itu dapat merusak susunan kimiawi komponen HP.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini