Share

3 Cara Mencegah HP Meledak Seperti yang Menewaskan Bocah Ciamis

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu 06 Agustus 2022 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 06 57 2643154 3-cara-mencegah-hp-meledak-seperti-yang-menewaskan-bocah-ciamis-kKCO3nhWl1.jpg HP meledak saat dicas (Foto: Mirror)

HP yang meledak saat dicas, yang menjadi penyebab bocah SD tewas di Ciamis memang sebuah peristiwa yang sangat memilukan. Namun sebenarnya kemungkinannya HP meledak itu kecil.

Meskipun memang HP bisa meledak dan itu tentu berbahaya bagi penggunanya. Melansir dari PC Mag, Sabtu (6/8/2022), memang ada banyak alasan mengapa HP dapat terbakar atau meledak. Kejadian tersebut hampir selalu berkaitan dengan baterai perangkat.

Perlu diketahui, HP ditenagai oleh baterai lithium-ion, yang mengandung keseimbangan elektroda positif dan negatif.

Ketika terjadi kesalahan, komponen bagian dalam baterai dapat rusak dan menimbulkan reaksi volatil yang dapat menyebabkan kebakaran, bahkan ledakan.

 HP meledak

Nah, agar HP tak meledak berikut ini cara pencegahannya, seperti dirangkum pada PC Mag.

1. Hindari suhu ekstrem

Anda mungkin tahu jika panas adalah musuh terburuk HP Anda, tetapi bagaimana dengan dingin? Baterai HP Anda dioptimalkan untuk bekerja dalam kisaran suhu tertentu, antara 32-95 derajat Fahrenheit. Mengekspos baterai secara teratur ke kondisi yang keras dapat merusak komponen di dalamnya dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

2. Jangan menutupi ponsel saat mengisi daya

Tips berikutnya yakni, jangan menutupi ponsel HP dengan apapun saat sedang diisi dayanya. Jangan pula mengisi daya perangkat di tempat tidur. Pilihan terbaik Anda adalah meletakkan ponsel di permukaan yang datar dan keras, seperti meja. Idealnya, jangan mainkan ponsel saat diisi daya.

 BACA JUGA: Penyebab Bocah SD Tewas di Ciamis saat Main HP, Baca Ini!

3. Gunakan pengisi daya yang tepat

Perangkat Anda membutuhkan voltase dan arus yang optimal untuk mengisi daya dengan benar. Jadi, tetaplah menggunakan pengisi daya yang disertakan dalam kotak atau mengambilnya langsung dari produsen ponsel. Itu berarti, jika Anda memiliki ponsel Samsung, belilah kabel dari Samsung. Lalu, bila Anda memiliki iPhone, dapatkan kabel Lightning dari Apple Store.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini