Share

Inggris Gelontorkan Rp100 Miliar Buat Smartwatch, Apa Kegunaannya?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 57 2643912 inggris-gelontorkan-rp100-miliar-buat-smartwatch-apa-kegunaannya-3EjWvArxju.jpg Ilustrasi Smartwatch (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pemerintah Inggris dikabarkan menggelontorkan dana sebesar USD7,2 juta atau sekira Rp100 miliar dalam proyek pembuatan smartwatch atau jam tangan pintar. Dana tersebut diberikan kepada perusahaan bernama Buddi Limited untuk pelaksanaannya.

Smartwatch yang dikembangkan ini bukan sembarang. Perangkat ini digunakan untuk melacak dan memindai wajah para pelaku kejahatan yang berasal dari luar Inggris atau migran.

Pemerintah Inggris berharap dengan pemantauan lewat smartwatch ini tidak perlu lagi terlalu sering melakukan pemeriksaan manual.

Ilustrasi Smartwach

BACA JUGA:Sempat Bocor, Meta Gagal Kembangkan Smartwatch dan Batalkan Peluncurannya

BACA JUGA:5 Manfaat Menggunakan Smartwatch yang Jadi Tren Kekinian 

"Ini akan memberikan cara yang lebih proporsional untuk memantau kelompok tertentu. Perangkat ini akan menggunakan verifikasi biometrik berkala sebagai alternatif untuk dipasang pada individu," kata juru bicara pemerintah Inggris.

Seperti dikutip dari Engadget, Senin (8/8/2022), Para migran kriminal nantinya diwajibkan memindai wajah mereka untuk absen. Sekaligus dapat mengetahui lokasi keberadaan para migran tersebut.

Hasil pemindaian wajah, akan dibandingkan dengan foto-foto yang ada si database. Jika kemudian sistem tidak dapat memverifikasi identitas para kriminal tersebut, maka pemeriksaan manual secara langsung akan diterapkan.

Inggris juga dikabarkan telah mengumpulkan data-data para migran kriminal untuk nanti kemudian disimpan di database. Data tersebut mencakup identitas seperti kebangsaan dan tanggal lahir.

Semuanya data disimpan hingga enam tahun di bawah Kementerian Kehakiman. Jika tidak ada hambatan, program ini akan mulai dilakukan setelah musim gugur tahun 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini