Share

Apa yang Menyebabkan Fenomena Paus Terdampar di Banyuwangi

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 09 Agustus 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 56 2644770 apa-yang-menyebabkan-fenomena-paus-terdampar-di-banyuwangi-6burArUBuG.jpg Paus Sperma yang terdampar di Banyuwangi (Foto: Dispenal)

Viral pemberitaan tentang paus sperma yang terdampar di Banyuwangi. Sebenarnya apa yang menyebabkan fenomena Paus Terdampar di sana.

Petugas Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Kelautan Bali, Wilayah Kerja Banyuwangi, Bayu Dwi Handoko menyebut bahwa organ sensor sistem navigasi paus telah mengalami gangguan atau kerusakan.

Hal itu menyebabkan paus keluar dari jalur, sehingga tersesat hingga akhirnya terdampar di pantai.

Ilustrasi paus 

"Paus kan memiliki sensor pada tubuhnya, nah diduga itu rusak sehingga keluar jalur dan nyasar. Perihal sakit dan lain sebagainya itu masih perlu dicek secara medis," ujarnya, Selasa (9/8/2022).

Diketahui, seekor paus berukuran besar terdampar di perairan pantai Banyuwangi belum lama ini, pada Senin, 1 Agustus 2022. Informasi yang dihimpun, Paus pertama muncul dari utara tepatnya berada di belakang hotel Banyuwangi Beach.

Sebelum terdampar, paus itu nampak kebingungan dan hanya berputar-putar di perairan berjarak sekira 50 meter dari bibir pantai. Meski sudah digiring ke tengah laut oleh warga sekitar, paus tetap tidak mau bergegas.

Paus bahkan sempat berontak hingga merusak rangka dermaga dan stuck di pinggir pantai. Beragam upaya telah dilakukan anggota TNI dan Polri dibantu warga untuk menarik paus kembali ke laut namun tidak berhasil, hingga akhirnya paus tersebut mati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini