Share

Sejarah Perusahaan PayPal yang Sempat Kena Blokir Kominfo

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 54 2645313 sejarah-perusahaan-paypal-yang-sempat-kena-blokir-kominfo-Im0EdZ8IeL.jpg PayPal. (Foto: Situs PayPal)

BEGINI sejarah perusahaan PayPal yang kena blokir KomInfo padahal sudah terdaftar PSE. Saat ini, blokir PayPal memang telah dibuka setelah memastikan terdaftar PSE lingkup tertutup di Kemenkominfo.

PayPal merupakan perusahaan penyedia layanan elektronik yang menyediakan pembayaran antar pihak melalui transfer online. Dengan kata lain, PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan transaksi pembayaran secara online yang mencakup jaringan luas.

PayPal pun kerap digunakan untuk membayar transaksi keuangan antar negara. Sehingga tak heran, aplikasi satu ini memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif.

Paypal diketahui telah ada sejak 1998 yang telah menjadi bagian dari eBay Inc pada 2002. Sejatinya, PayPal Corp. adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan selang Confinity dengan X.com yang dilakukan pada 2000.

Paypal

Confinity mulanya oleh Peter Thiel dan Max Levchin didirikan pada bulan Desember 1998 sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Sedangkan, X.com didirikan oleh Elon Musk pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia afal yang berguna untuk perencanaan keuangan.

Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, eBay menyimpulkan layanan elektronik satu ini cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online milik mereka.

Sebelumnya, pada bulan Mei 1999 eBay telah memperagakan pembelian Billpoint dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh eBay. Meskipun pilihan untuk menggunakan perkara pembayaran lain sedang diizinkan dan salah satunya adalah PayPal.

Pada bulan Februari 2000, rata-rata penawaran per harinya ada sekitar 200.000 yang menggunakan PayPal. Sementara yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan, dua bulan berikutnya, sudah hadir lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal.

Melihat perkembangan PayPal ini pada tahun 2002, eBay mengakuisisi PayPal seharga USD 1,5 miliar. Belakangan eBay menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal.

Setelah akuisisi itu, diketahui banyak pesaing utama PayPal yang bangkrut atau dijual, seperti Citibank C2IT yang tutup pada 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang tutup pada 2005.

Meski begitu, masih ada pesaingnya yang masih bertahan sampai sekarang. Seperti, AlertPay, Liberty Reserve, Kagi, dan Moneybookers. Sebagai suatu prestasi bagi PayPal, pada kuartal pertama 2006, total transaksi yang diterapkan melalui layanan ini mencapai USD 8 miliar. Transaksi itu diketahui meningkat 41 persen dari tahun ke tahun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini