Share

Ramai Download WhatsApp GB, Ini Bahayanya!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 54 2646195 ramai-download-whatsapp-gb-ini-bahayanya-tu9HqMjamt.jpg Ramai download WhatsApp GB, ini bahayanya! (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Ramai download WhatsApp GB sempat terjadi beberapa waktu lalu. Namun, ternyata ada bahaya yang mengintai jika pengguna memakainya.

Sayangnya, meski memiliki banyak fitur menarik dan memiliki layanan layaknya WhatsApp resmi milik Meta, Whatsapp GB merupakan aplikasi yang ilegal. Karena itu, mendownload aplikasi tersebut berisiko mengancam keamanan data anda.

Apa saja bahaya jika mendownload WhatsApp GB? Dirangkum dari berbagai sumber, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidak ada updatean otomatis

Jika menggunakan aplikasi WhatsApp resmi anda bisa menerima updatean secara otomatis.

Berbeda dengan WhatsApp GB yang ketika ada updatean terbaru anda harus melalui file APK yang ada di website dan hal tersebut berpotensi mengandung malware yang berbahaya bagi perangkat anda.

2. Tidak ada fitur back-up

Fitu back-up merupakan salah satu fitur yang sangat penting. Back-up atau mencadangkan pesan berfungsi mengamankan data atau file anda jika anda ingin ganti perangkat.

Sayangnya, WhatsApp GB tidak menyediakan fitu ini. Jadi, data yang anda miliki terancam hilang jika anda ganti perangkat.

3. Tidak ada pemeriksaan keamanan

WhatsApp adalah aplikasi yang saat ini banyak digunakan. Sehingga keamanannya harus dijaga. Aplikasi resminya memiliki fitur monitor keamanan yang sangat baik bagi penggunanya.

Kendati demikian, berbeda dengan aplikasi ilegal ini yang tidak memiliki fitur pemeriksaan keamanan.

4. Privasi yang rendah

Fitur enkripsi End-to-end dalam aplikasi WhatsApp milik Meta dapat melindungi privasi penggunanya dengan baik, seperti menjaga isi percakapan. Hal ini tentu tidak dimiliki oleh WhatsApp GB.

5. Virus

Selain keamanan privasi yang rendah, WhatsApp GB juga rentan terkena virus karena tidak adanya proteksi. Ancaman virus berupa malware dan spyware bisa mengancam data pribadi anda dalam ponsel.

6. Terancam diblokir

Penyedia aplikasi Whatsapp resmi mengatakan akan menindak tegas orang-orang yang menggunakan WhatsApp GB dengan cara memblokir akun secara sementara hingga permanen.

Tidak hanya itu saja, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka WhatsApp tidak akan bertanggung jawab.

Demikian pembahasan mengenai download WhatsApp GB dan bahaya yang mengintai, semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini