Share

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 5G vs Galaxy Z Fold4 5G Beserta Harganya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 57 2645963 perbandingan-samsung-galaxy-z-flip4-5g-vs-galaxy-z-fold4-5g-beserta-harganya-RP23KHPYNH.jpg Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 5G vs Galaxy Z Fold4 5G beserta harganya (Foto: Samsung)

JAKARTA - Samsung resmi meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya, yakni Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G secara global.

Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G ini, diklaim akan menjadi ponsel lipat paling inovatif di pasarnya saat ini dengan tampilan yang bisa dikustomisasi.

"Dibuat dengan kolaborasi bersama mitra kelas dunia kami, generasi terbaru dari perangkat foldable ini menawarkan pengalaman perangkat mobile tak tertandingi yang menjawab kebutuhan akan pengguna kami yang paling dinamis,” ujar President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics TM Roh dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Antara, Kamis (11/8/2022).

Adapun untuk Galaxy Z Flip4 5G membawa keunggulan dari segi kamera dan ukuran baterai yang ditingkatkan menjadi lebih besar. Sementara untuk Galaxy Z Fold4 5G membawa keunggulan dari segi perubahan desain hingga kamera dengan spesifikasi terbaik di kelasnya.

Galaxy Z Flip4 5G

Ponsel ini hadir dengan dukungan chipset Snapdragon 8+ gen 1 dipasangkan dengan baterai berkapasitas lebih besar dari generasi terdahulunya yakni 3700 mAh.

Pengisian daya cepat "Super Fast Charging" juga sudah disematkan dalam ponsel lipat vertikal ini dengan keunggulan bisa mengisi baterai 50 persen hanya dalam 30 menit.

Peningkatan lainnya terletak pada englse yang lebih ramping dan tepi bodi yang lebih lurus.

Dari segi kamera, ponsel ini memiliki kinerja lebih baik dengan fitur-fitur baru seperti merekam gambar secara hands-free atau mengambil foto grup memanfaatkan "FlexCam".

"FlexCam" dioptimalkan agar bisa kompatibel dengan beragam media sosial terpopuler seperti Instagram dan Facebook.

Lebih lanjut ada fitur "Quick Shot" yang memudahkan pengguna untuk menggunakan kamera utamanya mengambil foto dari bagian depan ponsel atau cover screen.

Kamera yang dipadukan dengan chipset teranyar dari Snapdragon itu pun membawa peningkatan hasil gambar 65 persen lebih terang dibandingkan generasi sebelumnya.

Galaxy Z Flip4 5G mampu melengkapi gaya pengguna dengan desainnya yang premium serta warna yang telah menjadi ciri khas, yaitu Bora Purple dan Graphite, dan varian warna baru Pink Gold dan Blue.

Selain itu, hadir juga Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition yang tersedia di 28 negara di seluruh dunia. Pemesanan pre-order di Indonesia sudah mulai dilakukan dengan harga penjualan mulai dari Rp13.999.000.

Galaxy Z Fold4 5G

Ponsel ini masih menjadi ponsel dengan spesifikasi dan status tertinggi di antara ponsel Samsung lainnya.

Samsung menggambarkan Galaxy Z Fold4 5G sebagai ponsel paling fungsional karena dijanjikan menunjang semua produktivitas pengguna layaknya menggunakan PC.

Sama seperti Flip4, Galaxy Z Fold4 memiliki spesifikasi chipset Snapdragon 8+ gen 1 yang berjaan bersama dengan sistem operasi Android 12L.

Android khusus yang didesain Google untuk pengalaman menggunakan perangkat layar besar yang lebih baik, termasuk pada foldable.

Untuk fitur "multitasking" Samsung menghadirkan pembaruan-pembaruan menarik misalnya seperti Taskbar terbaru menawarkan layout layaknya PC untuk akses langsung ke aplikasi favorit dan aplikasi yang baru digunakan.

Perangkat ini pun memberikan pengalaman multitasking yang lebih intuitif berkat "swipe gesture" terbaru.

Pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows maupun split screen secara instan dalam menikmati lebih banyak cara untuk multitasking.

Berbagai aplikasi Google seperti Chrome dan Gmail kini mendukung fitur "drag-and-drop", jadi pengguna bisa "copy-paste" teks hingga foto dengan lebih cepat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Lewat Google Meet, kini pengguna bisa terhubung dengan lebih banyak orang sembari melakukan aktivitas virtual lainnya secara bersama-sama, seperti menonton video di YouTube ataupun main gim bareng saat melakukan panggilan video.

Pengalaman multitasking pun menjadi lengkap dengan dukungan S Pen yang memungkinkan pengguna menggambar hingga mencatat dengan nyaman bahkan saat dalam perjalanan, ditambah dengan penyimpanan yang efisien menggunakan "Standing Cover with Pen".

Sama halnya dengan Galaxy Z Flip, untuk Galaxy Z Fold4 juga sudah dapat dipesan dengan metode pre-order seharga Rp24.999.000 dengan tiga pilihan warna Gray Green, Beige, dan Phantom Black.

Produk-produk itu akan tersedia secara langsung di gerai-gerai Samsung mulai 26 Agustus 2022.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini