Share

4 Kapal Tercanggih di Dunia, Salah Satunya Tawarkan Sensasi Terbang

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 56 2646623 4-kapal-tercanggih-di-dunia-salah-satunya-tawarkan-sensasi-terbang-S8jst2mX6Q.jpg 4 kapal tercanggih di dunia, salah satunya tawarkan sensasi terbang (Foto: SeaBubbles)

JAKARTA - Empat transportasi air atau kapal yang canggih ini memang patut dicoba. Bahkan salah satunya dapat membuat seseorang yang menaikinya bisa merasakan sensasi seperti terbang.

Setiap hari, selalu ada teknologi baru yang dikembangkan. Tidak terkecuali pada sektor transportasi. Terdapat beberapa transportasi yang umum digunakan seperti darat, udara, dan yang tidak kalah istimewanya adalah air.

Sebagai negara yang memiliki banyak pulau di Indonesia, mungkin sudah tidak asing dengan transportasi air. Menurut laporan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pelabuhan di Indonesia yang tercatat pada tahun 2020 sebanyak 2.439 pelabuhan.

Jika dilihat dari aspek geografis, mungkin transportasi air yang canggih dapat menjadi pilihan bagi masyarakat di Indonesia untuk melakukan aktivitas di air.

Lantas, transportasi air apa saja yang berteknologi canggih tersebut? Diolah dari Youtube iNews Variety Show, Jumat (12/8/2022), selengkapnya di bawah ini.

1. The Bubble

Dibuat oleh perusahaan SeaBubbles, The Bubble merupakan taksi canggih di kota Paris yang memanfaatkan sayap hydrofoil di bagian bawahnya dan akan mengembang apabila kapal mencapai kecepatan tertentu.

Kapal ini menggunakan tenaga baterai listrik sebagai penggeraknya sehingga emisi gas buang yang diciptakan menjadi minimal. The Bubble memiliki berat 1250 kg dan mampu menampung empat penumpang dan satu nahkoda dengan beban yang tidak lebih dari 400 kg.

Kapal ini mampu melaju hingga kecepatan maksimal 25km/jam. Sementara, sayap hydrofoilnya akan mengepak pada kecepatan 13km/jam.

2. The Foiler

Kapal yang satu ini merupakan kapal mewah pribadi yang bisa membuat penumpangnya merasakan sensasi terbang karena mampu mengapung di atas permukaan laut setinggi satu setengah meter.

The Foiler memiliki hydrofoil fiber yang melekat di bawahnya sehingga memungkinkan untuk mengapung diatas permukaan laut. Kapal ini dapat menampung delapan orang dengan maksimal berat satu ton. Foiler mampu mencapai kecepatan 74 km/jam.

3. Arrow 460

Kapal mewah yang satu ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Silver Arrow Marine dan Mercedes Benz. Arrow 460 menggunakan dua mesin serta bahan bakar yang digunakan sangat efisien dan ramah lingkungan.

Dalam pembuatannya, selain mengutamakan kecepatan dan tenaga yang besar, getaran dan kebisingan yang rendah juga sangat diutamakan.

4. Sea Hunter

Sea Hunter merupakan jenis kapal tempur yang dapat dikendalikan tanpa awak. Kapal ini biasanya menangani pertempuran laut dan anti kapal selam.

Kapal ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2016. Sea Hunter bisa melaju dengan kecepatan hingga 50 km/jam dan dapat dikendalikan dari pusat komando terbesar di dunia, Christensen Shipyards.

Lalu, Sea Hunter dilengkapi pula dengan sayap yang mengembang dan satu lambung kapal. Dikabarkan juga bahwa kapal ini dapat menembak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini